Mitra Usaha MAPAN, Cara Baru Berpenghasilan dengan Modal Rp 5.000

oleh -

Jakarta, Nusantarapos – MAPAN, perusahaan teknologi berbasis komunitas mempertegas komitmennya untuk membantu masyarakat Indonesia, yang dimulai dari perempuan, untuk lebih berdaya secara ekonomi. Komitmen ini dilakukan dengan mengajak masyarakat tampil sebagai Mitra Usaha MAPAN yang diberikan akses langsung untuk memulai usaha dengan modal sangat kecil, yakni mulai dari Rp 5.000.

Dengan modal dimulai dari Rp 5.000, Mitra Usaha MAPAN memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan hingga Rp 5 juta per bulan melalui pemanfaatan berbagai layanan baru yang diluncurkan seperti voucher layanan transportasi online, voucher untuk pemenuhan kebutuhan harian, token listrik dan pulsa, selain arisan barang yang sudah menjadi layanan MAPAN sejak 2015.

CEO MAPAN Hendra Tjanaka mengungkapkan bahwa dari trend yang berlangsung di masyarakat terlihat adanya keinginan besar dari mereka untuk memulai usaha, namun masih terkendala dengan modal. Selain itu, khususnya bagi perempuan, mereka juga dilanda kekhawatiran sulitnya membagi waktu antara usaha yang dirintis dengan mengurus keluarga.

“Misi kami adalah membantu masyarakat Indonesia menjadi lebih MAPAN melalui teknologi. Kami percaya teknologi bisa menjadi solusi terbaik untuk menjawab permasalahan tersebut dan mendorong masyarakat untuk menjadi Mitra Usaha yang berpenghasilan dengan cara efisien. Dengan modal sangat kecil, kami dorong masyarakat untuk memulai usaha dengan memanfaatkan tiga layanan baru MAPAN, yakni MAPAN Tagihan dan Pulsa, MAPAN Mart, serta MAPAN Voucher yang menjual berbagai layanan voucher irit Gojek, GoPay-Alfamart, dan voucher irit Iainnya. Ketiga layanan baru ini dipercaya mampu membantu masyarakat Indonesia untuk bisa lebih hemat dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” jelas Hendra saat jumpa pers di Gandaria City, Jakarta, Sabtu (11/1/2020).

Lebih lanjut Hendra menjelaskan bahwa selain modal yang rendah dan layanan dengan demand yang cukup tinggi, para Mitra Usaha juga bisa memanfaatkan jaringan komunitas yang sebelumnya sudah dimiliki melalui layanan MAPAN Arisan. Berdasarkan data internal MAPAN, dari 270.000 Mitra Usaha yang tersebar di Jawa dan Bali, setiap Mitra memiliki beragam jumlah anggota mulai dari 10 orang sampai dengan yang terbanyak 470 orang. Dengan jumlah anggota yang sudah mencapai 3 juta lebih, kini MAPAN fokus untuk semakin memperluas jaringan Mitra Usaha Mapan dan meningkatkan jumlah layanan baru.

Manfaat ini telah dirasakan langsung oleh salah satu Mitra Usaha MAPAN dari Bogor, Olga Wina yang kini memiliki penghasilan tambahan yang mencapai puluhan juta dalam setahun. Wina mendapatkan penghasilan tambahan untuk membantu keuangan keluarga dengan menjadi Mitra Usaha MAPAN dengan memanfaatkan jaringan komunitasnya. Hal ini dilakukan Wina dengan tetap bisa mengatur waktunya dengan keluarga secara fleksibel.

“Penghasilan itu saya dapatkan hanya dengan memanfaatkan handphone untuk belajar bersama komunitas secara aktif. Sejak saya menjadi Mitra Usaha pada tahun 2017, sekarang di tempat tinggal saya jadi banyak tetangga yang menjadi Iangganan saya. Semua ini bisa saya jalankan tanpa mengganggu waktu saya mengurus anak,” ujar lbu Wina.

Sementara itu, Chief Marketing MAPAN Mahpudz Effendi menjelaskan bahwa peluang menjadi Mitra Usaha terbuka bagi seluruh masyarakat. Ajakan ini direalisasikan dalam Gelar MAPAN 2020 yang diadakan hari ini di Gandaria City, Jakarta.

“Masyarakat kami ajak langsung untuk melihat lebih dekat manfaat yang dapat diraih sebagai Mltra Usaha MAPAN serta menjadi wadah untuk bisa berinteraksi dengan berbagai komunitas. Di Gelar MAPAN kali ini kami mengangkat tema “I Love You Rp5.000” yang menunjukkan kemudahan memulai usaha dengan modal yang sangat rendah. Kami mengajak masyarakat untuk bisa merasakan banyak manfaat dengan menyuguhkan serangkaian acara seperti bazar perabotan rumah tangga mulai dari Rp 5.000-an dan mengikuti workshop untuk meningkatkan keterampilan,” jelas Mahfudz. (RIE)