BISNIS  

Dampak Covid-19 Berpengaruh Pada Pedagang

BANDUNG,NUSANTARAPOS,-Dampak yang dirasakan akibat virus Covid-19  terjadi pada mata pencaharian seseorang. Dalam hal ini terjadi pada pedagang. Beberapa pedagang mengalami penurunan drastis hingga bisa kehilangan mata pencahariannya. Disamping itu juga mungkin ada pedagang yang merasakan keberuntungan dengan adanya virus covid-19 ini.

Pada momen Lebaran, pedagang memanfaatkan keuntungan untuk penjualan. Namun, dengan adanya Covid-19 ini, bagaimanakah keuntungan penjualan tersebut? Pedagang yang dimaksud dalam hal ini ialah pedagang kue Lebaran

Hal ini juga dirasakan oleh para pedagang kue lainnya. Menurut paparan salah satu pedagang kue, ada beberapa kue sudah menjadi paling laris dibeli, seperti kue keju, nastar, putri salju, dan lain-lainnya. Kue-kue tersebut selalu menjadi borongan bagi orang-orang saat Lebaran.

Namun, selama masa pandemi ini banyak pengusaha yang mengalami omzet turun bahkan yang naik juga. Hal ini dirasakan oleh Ibu Tjendrawati Budiman salah satu pedangan kue, dia mengaku bahwa dagangannya saat Lebaran ini menurun hingga 90%.Di momen lebaran seperti ini harusnya omzet naik seperti di tahun sebelumnya. Daya masyarakat saat pandemi seperti ini memang berkurang karena mereka lebih mementingkan kesehatan terlebih dahulu ketimbang harus pergi keluar.

Dengan adanya kue, suasana Lebaran semakin asik bahkan kue juga sudah menjadi tradisi atau ciri khas dari Lebaran. Namun, adanya virus Covid-19 ini bisa memperburuk perekonomian beberapa pebisnis. Mulai dari pembuatannya hingga orderan yang mereka dapat pada masa pandemi ini banyak yang mengalami penurunan omzet.