Didampingi UWP, Dina Kembangkan Usaha Sari Kedelai

oleh -

Surabaya, Nusantarapos – sebagai salah satu perguruan tinggi dengan klaster Sangat Bagus dalam bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Wijaya Putra (UWP) terus berusaha untuk selalu dekat dengan masyarakat dan membantu mengembangkan usaha masyarakat dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki.

Salah satu kegiatan yang didanai (awal juli 2020) dari internal UWP, tersebut adalah peningkatan usaha minuman sari kedelai milik Dina, di Manukan Lor, Surabaya.

Tim pemberdayaan Masyarakat UWP kali ini dipimpin Endah Supeni. Dengan latar belakang akademik sebagai dosen akuntansi, beliau membantu Dina meningkatkan usaha yang sudah digelutinya 6 tahun terakhir, sari kedelai yang diberi nama “SERREZ”.

“Meskipun dari sisi kualitas rasa sari kedelai cukup enak dan konsisten, namun bukan berarti usaha yang digelutinya ini tanpa kendala,” ujar dina.

Permasalahan-permasalahan usaha umumnya juga dialami pengusaha mikro lainnya, antara lain keterbatasan alat modern, pengelolaan usaha masih tradisional, dan kurangnya tenaga distribusi produk.

“Berbagai cara sudah dilakukan bersama sang suami untuk memperbaiki manajemen usaha dan bagaimana agar pelanggan selalu loyal,” kata dina.

Endah Supeni bersama 2 orang dosen lainnya yaitu Heru Tjahjono dan Hario Adji, membantu usaha Dina melalui peningkatan kapasitas produksi, pemasaran, distribusi dan perbaikan manajemen usaha.

Selama 6 bulan proses pelatihan, pendampingan dan kemitraan, hasil kegiatan mulai menampakkan hasilnya/ Dina mulai merasakan adanya peningkatan omset dan aset mitra serta peningkatan kesejahteraan mitra. Selain itu dengan adanya mesin giling kedelai kapasitas 5 kg/jam dapat mempercepat proses produksi,” ujar dina.

Manajemen persedian dan perencanaan produksi sudah tertata dengan baik, sudah mampu memasarkan online dengan tepat sasaran, dan memahami pentingnya kesehatan pangan.