DAERAH  

Pemkab Tanjab Barat Peringati Hari Pendidikan Nasional 2018

Nusantarapos,- Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat hari ini, Rabu (2/5/18) menggelar upacara gabungan PNS, TNI, dan POLRI dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati.

Selaku inspektur upacara peringatan tersebut, Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS membacakan sambutan menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Ia berpesan, peringatan hari pendidikan dengan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui sambutannya juga menyampaikan, selain pembangunan infrastruktur perlu juga dilakukan penguatan sumber daya manusia (SDM) agar menjadi modal yang handal dan siap menghadapi perubahan zaman yang melaju kencang, kompleks, tak terduga dan multi arah.

Sebagai usaha penguatan SDM, Peraturan Presiden tentang penguatan pendidikan karakter juga telah dikeluarkan yang mengamanahkan gerakan pendidikan dibawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa dan olah raga dengan melibatkan keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari gerakan nasional revolusi mental.

Selain itu dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga menyebutkan, selain jalur pendidikan formal yang telah berhasil mendidik lebih dari 40 juta anak, pendidikan nonformal telah banyak memberikan andil dalam mencerdaskan bangsa.

Menteri Pendidikan menegaskan, pendidikan harus dilakukan secara seimbang oleh tiga jalur yaitu jalur formal, non formal, dan informal yang harus diposisikan setara dan saling melengkapi.

Oleh karena itu, Pemerintah memberikan perhatian besar dalam meningkatkan ketiga jalur pendidikan tersebut.

Upacara peringatan hari Pendidikan juga dihadiri oleh Wakil Bupati, Forkopimda, Ketua Pengadilan Agama, Ketua TP PKK, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.(sofian)