DAERAH  

Wabup Budi Utomo, Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Hari Otonomi Daerah Ke-XXIII

Lampung Utara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura), menggelar upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXIII Tahun 2019, di Halaman kantor Pemda setempat. Kamis (25/4/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, pada puncak pelaksanaan Hari Otonomi Daerah (Otda) yang diperingati secara nasional pada tanggal 25 April 2019, Wakil Bupati (Wabup) Lampura, H. Budi Utomo, SE, MM mewakili Bupati H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP, MH.

Dalam Amanat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, di sampaikan Wabup Budi Utomo, bahwa otonomi daerah secara nyata telah mendorong budaya demokrasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Otonomi daerah telah mampu mengembangkan sistem berkumpul, berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat.

“Dengan demikian, masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk turut serta membangun daerahnya,” kata Budi.

Dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi harus malalui proses yang panjang dan berbelit-belit, tetapi menjadi lebih efisien dan responsif.

“Melalui kebijakan desentralisasi pemerintah daerah telah diberikan kewenangan yang lebih luas dalam mengelola, menggarap potensi ekonomi yang ada di daerah. Dengan demikian, berbagai aktifitas ekonomi di daerah dapat tumbuh dengan pesat,” tuturnya.

Masih dalam amanat Mendagri, Tjahjo Kumolo, di era perkembangan otonomi daerah, posisi masyarakat bukan hanya konsumen pelayanan publik sehingga Semua ASN di daerah harus mampu memberikan pelayanan publik yang lebih baik.

“Pemda harus dapat beradaptasi dengan kepentingan masyarakat. Kawal otonomi daerah agar diisi dengan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dengan mendorong munculnya kemandirian dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang ada, baik itu SDM maupun SDA,” ujar Wabup Lampura. (RH)