DAERAH  

“Ngabuburit Seru” Ajarkan Berbagi Di Bulan Suci

Tuban – Forum Ini Tuban (FIT) menggelar kegiatan Bagi-bagi Takjil dan Santunan anak yatim yang digelar di Rest Area Tuban. Dengan mengusung tema ‘Ngabuburit Seru’, seluruh peserta dan juga anak yatim diberikan berbagai macam hiburan.

Forum yang tergabung dari berbagai anggota, meliputi Jurnalis, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban, Perhutani KPH Tuban, KPP Pratama Tuban dan Pejabat Daerah Kabupaten Tuban lainya, Komunitas Motor, serta Komunitas Satwa.

Seluruh anak yatim dan tamu undangan yang datang diberikan berbagai hiburan, meliputi musik dari Baleci Band, Band Firooz and Friends, musik marawis dari warga binaan Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban, serta penampilan Mobil Dongeng Keliling (Modeling) dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban.

Ketua panitia, Achmad Junaidi mengatakan, kegiatan bagi-bagi takjil dan santunan anak yatim ini digelar sebagai wujud kebersamaan dan berbagi rejeki kepada sesama. Selain itu adanya Forum_Ini_Tuban adalah wadah untuk mempererat tali silaturahmi.

“Terima kasih atas support dan partisipasi dari seluruh intansi pemerintah Kabupaten Tuban, Lapas Tuban, ADM Perhutani KPH Tuban beberapa perusahaan di Tuban, serta seluruh rekan-rekan komunitas yang turut membantu kelancaran dan kesuksesan acara Ngabuburit Seru ini,” ungkap Ketua panitia.

Disisi lain Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban, Sugeng Indrawan, yang support penuh kegiatan ini juga menyampaikan, dalam rangka kegiatan Bhakti Ramadhan ini, Warga Binaan Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban menampilkan musik marawis. Tujuannya adalah memberi ruang bagi warga binaan agar selanjutnya dapat diterima oleh masyarakat.

“Ini adalah wujud sinergitas kami dengan rekan-rekan media. Selain itu juga membuka peluang bagi warga binaan untuk menyalurkan apa yang sudah dijalankan selama masa hukuman,” papar Sugeng sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, H. Miyadi sangat mengapresiasi kegiatan ini, selain memberikan sambutan, beliau juga berharap agar kegiatan sosial seperti ini kedepan dapat di agendakan kembali.

“Dibulan Ramadhan ini, pahala orang yang memberi sama besarnya dengan orang yang menjalankan ibadah puasa. Saya harap kegiatan positif seperti perlu dikembangkan lagi,” pungkasnya.

Senada juga disampaikan Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Tuban, Binanto Suryono bahwa puasa tidak hanya menahan lapar saja. Melainkan berbuat kebajikan. Bisa dengan cara berbagi kepada sesama. Pihaknya merasa gembira, karena di bulan penuh berkah ini bisa menyisihkan Rizki untuk anak yatim dan adik -adik. Sekaligus ini bentuk silaturrohim.

Sebagai pegawai perpajakan dibawah naungan kementrian keuangan, pihaknya juga sedikit berpesan bahwa praktek pajak itu juga bagian dari ibadah. Yakni mensederhanakan hitungan harta untuk disetorkan kepada negara guna kemaslahatan umat. “sadar akan pajak itu juga bagian dari rasa sukur kita untuk taat kepada aturan yang ada. Juga toh pajak itu untuk negara yang akan dipergunakan sebaik baiknya untuk rakyat, ” serunya, usai menyantap takjil buka puasa sore itu, Minggu (26/5).

Diketahui, berbagai pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan Bagi-bagi Takjil Dan Santunan Anak Yatim yang digelar oleh Forum Ini Tuban, meliputi Forkopimda Kabupaten Tuban, DPRD, Lapas Tuban, Perhutani, KPP Pratama Tuban, PT. UTSG, PT. Timbul Persada, PT. Pentawira Argha Sakti, CV. Prapanca, Kutus-kutus, Dunia Karaoke, Kue Lumpur Muda-mudi Jaya, Komunitas STAR Trail, Komunitas FBT, Komunitas Multi, dan Band lokal. (afi)