Peringati HUT Lampura Ke-73, Pemkab Bersama DPRD Gelar Sidang Istimewa

oleh -60 views

Nusantarapos, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) bersama DPRD, gelar sidang istimewa paripurna di gedung DPRD setempat. Senin (17/6/2019).

Pantauan Nusantarapos.co.id, sidang istimewa paripurna dalam rangka HUT Kabupaten Lampura ke-73 tersebut dihadiri, Bupati Lampura, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP, MH, dan Wakil Bupati, H. Budi Utomo, SE, MM, Ketua DPRD, H. Rachmat Hartono, Dandim 0412/LU, Letkol Inf Krisna Pribudi, Wakapolres, Kompol Zulkarnain, Kajari Kotabumi, Ketua LVRI, Hi. Saleh Ahmad.

Turut hadir, Staf Ahli Provinsi Lampung, Hanibal, Pj Sekda Lampura, H, Sofyan, Kemenag Lampura, Hi. Qomaru zaman, OPD, para Camat, Kepala Desa, Ormas, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, tokoh Adat serta 22 anggota Dewan dari sejumlah Fraksi.

Ketua DPRD Lampura dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sidang paripurna ini merupakan dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Lampura yang ke-73.

Adapun terbentuknya Lampura, berdasarkan Undang-undang nomor 1 tahun 1945, dan Lampung Utara yang terbagi dari marga-marga di hapuskan dengan peraturan ke Presidenan dengan Otonomi menjadi Kecamatan.

Begitu juga berdasarkan Undang-undang nomor 28 tahun 1956, Undang-undang darurat tentang pembentukan daerah tingkat satu Sumsel dengan Undang-undang tersebut maka terbentuklah Kabupaten Lampung Utara, dan masuk ke Provinsi Lampung, sehingga disepakati HUT Lampung Utara Pada tgl 15 juni 1946.

“Dalam usia ke-73 tahun ini, Kabupaten Lampung Utara telah banyak melakukan pelaksanaan pembangunan dan berbagai prestasi yang telah kita capai, namun masih banyak pula yang akan kita perbaiki kedepannya itu semua atas dukungan masyarakat,” kata Rachmat.

Sementara itu, Bupati Lampura dalam sambutannya mengucapakan terimakasih dan apresiasi kepada para tokoh membangun Kabupaten Lampura.

“Pada hari ini kita memperingati HUT Lampung Utara, telah banyak para tokoh yang telah membangun silih berganti untuk Kabupaten ini. Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, penghargaan kepada para pejuang pembangunan terdahulu,” tutur Bupati Agung.

Menurut pria yang saat ini menjalankan 2 periode menjabat Bupati Lampura, membangun tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan, banyak tantangan-tantangan yang akan di lalui, akan tetapi kita semua harus terus berjuang untuk membangun Kabupaten yang kita cintai.

“Alhamdulilah, pembangunan yang kita laksanakan selama ini sudah mendapat penghargaan Satya Lencana pembangunan oleh Presiden RI, penghargaan itu karena Pemkab melakukan pemerataan pembangunan,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Bupati, selama ini Kodim 0412/LU juga melaksanakan Kegiatan manunggal dan kegiatan TNI ini bentuk sinergitas dengan masyarakat, sehingga dapat menjaga situasi kondusif di Lampura.

Ditempat yang sama, Gubernur Lampung dalam sambutannya yang di sampaikan oleh Staf Ahli bidang kemasyarakatan, selama 73 tahun berdirinya Lampung Utara dan hari ini merupakan momentum peringatan HUT, semoga dapat mempererat jalinan kerjasama yang baik antara Pemprov dan Pemkab Lampura.

“Kami Gubernur dan Wakil gubernur mempunyai visi misi yaitu Lampung berjaya, dan untuk mencapai hal tersebut, maka kita akan meningkatkan kualitas publik, mengembangkan kaum anak dan perempuan, mengembangkan infrasturktur, mengembangkan pertanian dan mengembangkan pembangunan, kesehatan serta pendidikan,” ucap Hanibal.

Staf Ahli Provinsi Lampung, Hanibal juga mengajak pemerintah daerah, DPRD dan jajaran untuk mendukung program pembangunan provinsi. “Semoga kedepan kita dapat melanjutkan dan memajukan pembangunan yang merata di seluruh Provinsi Lampung,” ujarnya. (RH).

Comment