DAERAH  

Bupati Harapkan Hutan Kota Trenggalek, Dikelola Lebih Baik Lagi

Nusantarapos,-Bupati Mochammad. Nur Arifin beserta rombongan pagi tadi menggelar pertemuan dengan Kompi Huko (Komunitas Peduli Hutan Kota). Selain menggelar giat tersebut, Bupati juga melakukan tanam pohon bambu di kawasan Huko

Ketua Kompi Huko Trenggalek Ganif Tanto Adi berharap pengelolaan Hutan Kota (Huko) hendaknya dikembalikan lagi pada Kompi Huko.

“Kami berharap pengelolaan hutan kota ini ke depannya bisa diserahkan kembali pada rekan-rekan kompi huko”. Ucap Ganif.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Perhutani Trenggalek Andy Iswindarto, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto, serta para pegiat sosial dalam acara peringatan ulang tahun Kompi Huko yang ke-4 di Paseban Hutan Kota Trenggalek, Selasa (18/6/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Waka Adm Kediri Sub Selatan Andy Iswindarto yang hari ini turut hadir, sependapat dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Kompi Huko.

Ia pun berharap dalam waktu dekat ada kejelasan tentang status Kompi Huko dan segera direalisasi pengelolaan kawasan destinasi wisata Huko ke dalam bentuk perjanjian kerja sama (PKS) antar Pemkab Trenggalek dan Perum Perhutani.

“Saya berharap setelah menjabatnya Bupati Moch. Nur Arifin semuanya segera terealisasi,” tuturnya.

Gus Ipin sapaan akrabnya menanggapi positif atas permintaan dari Ketua Kompi Huko perihal pengelolan Hutan Kota. Ia langsung memerintahkan pada jajarannya terutama Dinas Pariwisata Kabupaten Trenggalek untuk segera menyerahkan pengelolaan Destinasi Wisata Hutan Kota pada Komunitas Peduli Hutan Kota.

“Kalau saya pikir operatornya (pengelolaan huko) serahkan pada teman-teman Kompi Huko. Jadi nanti yang beraktivitas dan kreativitas di dalamnya biar teman-teman Kompi Huko,” ucap Gus Ipin .

Ditambahkan Gus Ipin, melihat Kompi Huko selama ini telah bergerak karena kesadaran dalam menjaga Hutan Kota. “Yang namanya komunitas atau pegiat sosial itu tidak perlu diperintah, dia akan bergerak atas kesadaran sendiri. Katakanlah tidak ada yang menyuruh mereka itu akan bergerak sendiri,” tutupnya.