Bupati Tanjab Barat Hadiri Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana

oleh -

Tanjab Barat, Nusantarapos.co.id – Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS tegaskan dalam penanggulangan bencana dibutuhkan komunikasi dan koordinasi dari semua pihak termasuk masyarakat.

Hal itu disampaikan saat membuka secara resmi rapat koordinasi Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait persiapan penyusunan kajian resiko bencana dan peta resiko bencana, Selasa (25/06).

Menurutnya, penanggulangan bencana di daerah jangan hanya mengandalkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saja.

“Yang kita butuhkan koordinasi, karena tidak bisa hanya BPBD tetapi membutuhkan bantuan dari instansi dan pihak-pihak terkait,” ujar Bupati Safrial.

Di tempat yang sama, Kepala BNPB selaku Ketua Panitia menyampaikan kegiatan rakor ini akan dilaksanakan selama 3 hari kedepan dengan peserta 50 orang dari berbagai instasi terkait. Sebagai nara sumber merupakan dari BNPB Pusat dan Daerah.

Kepala Sub Direktorat Pencegahan Bencana BNPB RI, Berton Panjaitan sampaikan apresiasi atas komitmen Bupati Tanjung Jabung Barat terkait pencegahan penanggulangan bencana. Sejalan dengan Bupati, ia juga menyampaikan bahwa dalam hal penanggulangan bencana tak hanya diperlukan koordinasi tapi juga komitmen yang kuat antar instansi.

“Komitmen dan koordinasi merupakan hal yang terpenting dalam hal penanggulangan bencana” paparnya.

Turut hadir mengikuti rapat koordinasi, Dandim 0419 Tanjab, Perwakilan Polres Tanjab Barat, BNPB Pusat, perwakilan pihak perusahaan, masyarakat peduli api, dan peserta Rakor. (SFI)