Lurah Ploso-Pacitan Berharap Program Keluarga Harapan Bisa Lancar

oleh -

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk disaluran kerjasama e-warong, e-warung sudah dibentuk dari pemberdayaan kelompok-kelompok PKH, di setiap bulannya rutin melakukan pertemuan bergerak di pendidikan dan pengasuhan anak, kesehatan dan gizi, serta usaha ekonomi.

Pembagian BPNT berupa beras dan/atau telur disesuaikan dengan kebutuhan dari penerima. Persediaan untuk penyaluran bulan Juli sejumlah 455 pack beras dan 80 kg telur dengan jumlah penerima 252 KPM. Kartu BPNT dibagikan di 3 titik lokasi pembagian, di pendopo Kecamatana Pacitan, Balai Desa Semanten dan Balai Desa Banjarsari.

Kasi Penanggulangan Bencana DinSos Pacitan, Giyono saat ditemui NP di tempat kerjanya mengatakan, “Bukan gratis ya mas nanti jadi beda makna. Mereka dapat bantuan non tunai dari Kemensos masuk di rekening masing-masing pemegang KPM (keluarga penerima manfaat).

“BPNT yang dulunya bernama RASTRA sekarang telah berganti nama menjadi Bantuan Langsung Non Tunai. E-Warung usahanya bisa bermacam-macam. Kabupaten Pacitan sendiri berdiri kurang lebih 70an E-Warung, idealnya 200-an E-Warung di Kabupaten Pacitan. Penerima bantuan pangan non tunai semacam kartu gesek semacam ATM diisi kemensos kerjasama dengan bank BNI,” terangya.

“Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) diperuntukkan kepada keluarga yang masih punya harapan. Jadi Kelurahan Ploso mengupayakan bantuan mesin laundry melalui kepengurusan PKH di Tahun 2018 sedangkan seterika uap diperbantukan dari pendamping PKH Ibu Kusdarini. Semoga usaha PKH kelurahan Ploso Kecamatan Pacitan bisa menjadi pemicu bagi PKH yang lainnya”, sambung Lurah Ploso Feisal, Kamis (18/7/2019).

“Kami tiap bulan rutin mengadakan pertemuan dan menghasilkan E-Warung. Di Kecamatan Pacitan E-Warung ada 4 Desa;Ploso, Kayen, Semanten dan Banjarsari.
Kami tegaskan bahwa E-Warong pacitan berjasa sudah melakukan penyaluran BPNT secara tertib aman dan lancar”. Pungkas Kusdarini Pendamping PKH Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan,” tegasnya.