Laksanakan Program PKT, Desa Kemalo Abung, Bangun Jalan Onderlagh

oleh -

Lampung Utara, Nusantarapos -Melalui Dana Desa (DD), pembangunan desa diharapkan dapat lebih cepat menyelesaikan persoalan-persoalan di desa terutama yang terkait dengan kemiskinan, stunting, dan pengangguran.

Untuk itu, pelaksanaan program Padat Karya Tunai (PKT) di desa, mempunyai peranan penting yang bertujuan guna dapat meningkatkan daya beli masyarakat, mengurangi kemiskinan, serta menggerakkan ekonomi desa.

Seperti program PKT yang dilaksanakan oleh Desa Kemalo Abung Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara (Lampura), melalui sejumlah pembangunan infrastrukturnya, dalam pekerjaan telah melibatkan warga masyarakat setempat.

Pantauan Nusantarapos, Kepala Desa (Kades) Kemalo Abung – Supriono, didampingi Sekretarisnya – Winur Siddik, Camat Abung Selatan – Syahrullah, dan Tim Pendamping Kecamatan – Rudi Hartoni, Anugrah Putra dan Endang, Babinsa serta Babinkamtibmas memantau, puluhan warga saling bahu membahu mengerjakan pembukaan jalan Telpord sepanjang 1.604 dengan lebar 2,5 meter, terletak di Dusun Madio Dadi 1 dan 2 serta Dusun Sidodadi 1 dan 2.

“Kami semua memang warga sini mas, ya Alhamdulilah bisa mendapatkan penghasilan tambahan, ya bisa buat beli beras serta buku tulis anak sekolah,” ungkap Tarmidi salah satu masyarakat yang ikut bekerja membangun jalan onderlagh tersebut, Jumat (19/7/2019).

Sementara itu, Kades Kemalo Abung, memaparkan PKT merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif, dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah atau pendapatan.

“Ini adalah program arahan langsung dari Bapak presiden, yang dilaksanakan untuk seluruh desa di Indonesia,” papar Supriono, disela-sela kesibukannya mengukur kelebaran jalan onderlagh tersebut.

Adapun jalan Telpord ini, sambung Supriono, merupakan jalan penghubung antar dusun, yang merupakan usulan dari warga masyarakat setempat dan telah melalui Musyawarah desa (Musdes).

Ditempat yang sama, Camat Abung Selatan, mengakui dalam pekerjaan pembukaan jalan Telpord, di Desa Kemalo Abung telah memenuhi unsur PKT, karena semua pekerja telah melibatkan masyarakat setempat.

“Ada dua hal yang menjadi sasaran program padat karya tunai, yaitu pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Camat Syahrullah, didampingi Bang Dewa ajudannya.

Menurut, Syahrullah yang merupakan salah satu Dosen Universitas Muhammadiyah Kotabumi, bahwa pokok pelaksanaan program padat karya tunai di desa adalah penganggaran kegiatan-kegiatan yang bersifat padat karya atau skema cash for work, yang diwajibkan untuk didanai dengan Dana Desa dalam APBDes. (RH)