Tim Inspektorat Lampura di Cabang Abung Raya Beri Pembinaan Dan Pengawasan Pengelolaan DD 2019

oleh -

Lampura, NusantaraPos – Dalam menjalankan tupoksinya inspektorat berkewajiban untuk memeriksa dan mengawasi penggunaan Dana Desa (DD). Baik pengelolaan administrasi maupun pembangunan infrastruktur di desa, untuk itu inspektorat Kabupaten Lampung Utara (Lampura) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke desa-desa termasuk di Kecamatan Abung Selatan Desa Cabang Abung Raya, Jumat (13/9/2019).

Pantauan Nusantarapos, dipimpin Patoni, SE, MM selaku Irban I, rombongan Tim inspektorat Lampura disambut langsung oleh Kepala Desa Cabang Abung Raya, Herdianto didampingi Sekdes dan sejumlah perangkat desa setempat.

Usai melakukan pemeriksaan administrasi dan mengkroscek seluruh pembangunan infrastruktur satu persatu, tim Inspektorat kepada media ini mengatakan hasil kegiatan hari ini di desa Cabang Abung Raya ada beberapa kegiatan dan sudah dilaksanakan, namun ada satu kegiatan awalnya terkendala yakni pembukaan badan jalan sekitar 75 meter terkendala dikarenakan ada warga yang masih berkeberatan untuk menghibahkan tanahnya.

“Alhamdulillah atas keterangan kepala desa tadi, warga tersebut sekarang sudah mengizinkan dan saya sudah berpesan sama kepala desa agar dapat diselesaikan dengan baik dan bijak,” kata Patoni seraya berharap agar DD di kelola dengan baik jangan sampai menimbulkan permasalahan di kemudian harinya.

Sementara itu, Kepala Desa Cabang Abung Raya memaparkan dalam melakukan pembangunan melalui DD 2019, ia bersama TPK telah melaksanakan sesuai Musyawarah desa (Musdes).

“Untuk tahap pertama dan kedua kami telah membangun sejumlah infrastruktur seperti Sumur bor tiga titik terletak di dusun 1 dan 2, kemudian kelanjutan pembangunan drainase di dusun 1, 2, 4 dan 5 serta gorong-gorong plat beton di dusun 2,” papar Herdianto.

Sedangkan dana BUMDes, sambung pria yang akrab disapa Tung Alung ini, telah disalurkan sebanyak 91 juta untuk kegiatan pendanaan para petani cabe yang jumlahnya ada 12 orang yang sudah terlaksana bahkan dalam satu atau dua minggu kedepan sudah mulai panen.

“Untuk tahap ketiga nanti, ada pembangunan badan jalan dan lampu jalan dan ini belum kami laksanakan karena masuk dalam tahap ketiga yang 40 persen berikutnya,” imbuhnya. (RH)

Comment