DAERAH  

Bupati Tanjab Barat Menjadi Pembicara Simposium Nasional di Gorontalo

Nusantarapos,– Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial MS menjadi tamu istimewa dengan di daulat menjadi pembicara pada Simposium Nasional Koservasi di Hotel Damhil, Gorontalo, Senin (28/1/2019).

Simposium Nasional dengan mengusung tema Reformulasi Kebijakan Menuju Inovasi Tatakelola Sumberdaya Alam Berbasis Konservasi. Di kegiatan tersebut, Bupati Tanjab Barat diberi kesempatan sebagai pembicara. Dengan lugas Safrial memaparkan materi upaya dan langkah rehabilitasi dan koservasi magrove di wilayah Pantai Timur Sumatera.

Menurut Bupati Tanjab Barat, di wilayah Kabupaten Tanjab Barat sendiri, sudah tercantum dalam visi-misi Kabupaten Tanjab Barat yang salah satunya, yakni menciptakan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development). Hal tersebut terkait dengan kabupaten konservasi, untuk itu di Kabupaten Tanjab Barat bukan lagi sebatas wacana, namun sudah bergerak maju dengan melakukan kegiatan konservasi, terutama konservasi mangrove.

”Kami sudah melakukan kegiatan penanaman mangrove, karena keberadaan mangrove tersebut bisa menyerap karbon dioksida lebih besar bahkan 20 kali lipat daripada hutan tropis, penanaman dan rehabilitasi mangrove ini sangat penting, terutama untuk meningkatkan ekonomi dan sosial masyarakat,” sebut Safrial.

“Selain itu juga diperlukan guna menciptakan kondisi memadai bagi mangrove, untuk tumbuh kembali secara alami serta memberikan keuntungan bagi alam dan masyarakat banyak. Penanaman mangrove ini juga dapat membantu pengkayaan regenerasi alami, jika dilakukan dengan baik juga dapat meningkatkan keamanan pesisir pantai dan budaya perairan dan penyerapan karbonnya,” tambah Safrial. (sofian)