Upacara HUT KORPRI Ke-48 dan PGRI Ke-74, Ini Pesan Plt Bupati Lampura

oleh -

Lampung Utara, Nusantara Pos – Plt Bupati Lampung Utara (Lampura) Budi Utomo Bertindak sebagai Pembina Upacara, dalam rangka memperingati HUT Korpri Ke-43 dan PGRI Ke-74 serta Hari Guru Nasional (HGN), di Lapangan Stadion Sukung Kotabumi, Jum’at (29/11/2019).

Pantauan media ini, nampak hadir Forkopimda, Pj. Sekda, Sofyan, anggota DPRD Lampura, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, ASN dan guru-guru di lingkungan Pemkab Lampura.

Dalam sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang dibacakan oleh Plt. Bupati Lampura mengajak seluruh anggota Korpri untuk terus bergerak mencari terobosan dan melakukan inovasi. “Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit dan yang menyulitkan rakyat, harus kita pangkas. Kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi,” tuturnya.

Orientasi birokrasi, sambung Plt Bupati, harus betul-betul berubah, bukan lagi berorientasi pada prosedur, tapi lebih berorientasi pada hasil nyata, bahkan panjangnya rantai pengambilan keputusan juga harus bisa dipotong, dipercepat dengan cara penerapan teknologi.

“Saya sudah minta eselon tiga dan empat untuk ditiadakan, sehingga pengambil keputusan bisa lebih cepat. Hal yang pahit harus kita lakukan. Karena diera persaingan antar negara yang semakin sengit seperti saat ini jika kita lambat, kita pasti tertinggal,” katanya.

Dalam sambutan itu juga, Presiden RI mengingatkan untuk mengurangi kegiatan seremonial yang sifatnya rutinitas dan lebih meningkatkan produktivitas serta berorientasi pada hasil.

“Tugas birokrasi adalah memastikan rakyat terlayani dengan baik serta program-program pembangunan betul-betul terdelivered, dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Sekedar melayani saja sudah tidak cukup, pelayanan yang diberikan harus baik dan diimbangi dengan kemudahan serta kecepatan,” imbuhnya.

Menurutnya, dengan kemajuan teknologi, sehingga cara kerja birokrasi juga harus berubah dan lnovasi teknologi harus bisa mempermudah, bukan mempersulit pekerjaan, bahkan kemajuan teknologi adalah instrumen untuk mempercepat penyelesaian masalah. “Masalah saat ini harus kita selesaikan dengan smart shortcut yang lebih cepat, lebih efisien dan lebih memberikan dampak yang luas,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Bupati Budi juga menyematkan secara simbolis Tanda Kehormatan Presiden RI, yakni penghargaan Satya Lencana Karya Satya X, XX, XXX kepada ASN Lampura dan Penyerahan Piagam untuk Guru berprestasi Tahun 2019 serta bantuan untuk Pondok Pesantren. (RH)

Comment