Kalibening Raya Manfaatkan DD Bangun GSG, Sesuai Himbauan Mendes PDTT

oleh -

Lampung Utara, Nusantarapos – Bertujuan untuk kemajuan desa sekaligus mengalahkan olahraga untuk masyarakat serta menjadikan sumber Pendapatan Asli Desa (PAD), Kepala Desa Kalibening Raya Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara membangun Gedung Serba Guna (GSG).

Melalui hasil musyawarah desa (Musdes) yang telah digelar sebelumnya, pembangunan GSG dengan luas 20 x 30 meter yang terletak di Dusun 02, menggunakan Dana Desa (DD) tersebut telah dibangun secara bertahap dan hingga saat ini telah mencapai 80 persen.

Kepala Desa Kalibening Raya, Rudi Fadli. S.Sos saat dijumpai disela-sela kesibukannya memantau pelaksanaan pembangunan GSG menuturkan, pembangunan GSG ini memiliki sejumlah manfaat hingga nantinya menjadikan sumber pendapatan untuk desa.

“Tujuan dan fungsi dibangunnya GSG ini diantaranya sebagai sarana atau tempat pertemuan warga, kemudian juga tempat aktivitas olahraga bagi masyarakat, karena di GSG ini terdapat sarana olahraga seperti Badminton, Bola Volley, footsal, senam dan fitness,” tutur Rudi. Senin (9/12/2019).

Lebih dalam pria berpostur tinggi besar yang gemar berolahraga ini menjelaskan dengan adanya GSG sehingga menjadi motivasi anak-anak muda di desa untuk mengalahkan olahraga sehingga dapat menjauhi dari kegiatan negatif.

“Dengan adanya GSG ini, minimal hoby serta aktivitas anak-anak di desa terkait olahraga dapat tersalurkan, kedepan kami berharap dengan adanya sarana olahraga dapat mengurangi aktivitas negatif atau pergaulan yang kurang baik, seperti narkoba dan lain sebagainya,” jelasnya.

Selain GSG menjadi sarana pertemuan dan olahraga, sambung Rudi kedepan akan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah. “Rencananya ketika sarana ini sudah terpenuhi, maka akan kami buatkan Badan Usaha Milik desa yang pada akhirnya output nya kembali lagi menjadi PAD,” imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) mengapresiasi perolehan medali emas Asian Games 2018 dan mengimbau kepada seluruh aparatur desa untuk memanfaatkan penggunaan dana desa dengan membangun sarana olahraga desa.

“Sarana olahraga merupakan wadah untuk para generasi muda di desa bisa berkumpul dan berlatih olahraga sesuai dengan bakatnya masing-masing.” kata Eko Putro Sandjojo setahun yang lalu. (RH)