DAERAH  

Guna Percepatan Kabupaten Layak Anak, Wagub Lampung Kunjungi Lampura

Lampung Utara, Nusantara Pos – Dalam Roadshow perdananya Pemprov Lampung hadir di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) bertempat di Bendungan Tirta Shinta Wonomerto Kecamatan Kotabumi Utara, Rabu (15/1/2020)

Kegiatan Roadshow tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim dan dihadiri Plt Bupati Lampura diwakili Sekda Sofyan, Anggota DPRD Provinsi Lampung, Kepala Dinas Kesehatan, Plt BAPPEDA Lampura, Syahrizal Adhar beserta sejumlah OPD yang ada di Lampura.

Adapun kegiatan itu, bertujuan sebagai Percepatan Kabupaten layak anak (KLA) melalui Sosialisasi Forum Anak Daerah, bagi OPD, LM dan Dunia usaha. Sehingga tahun depan, dapat menjadi rujukan Provinsi Layak Anak dan Bebas Stunting dinegeri ini.

“Alhamdulillah, saya optimis kita di Tahun 2020 Layak Anak dapat terwujud dengan baik. Tentunya melalui Usaha terbaik disini, jadi disini bukan Penghargaan yang menjadi tujuan karena bukan segalanya. Tapi paling tidak akan memberikan motivasi, bagi peningkatan generasi penerus bangsa kedepannya,” tutur wanita berhijab yang akrab disapa Nunik ini.

Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan karena tanpa adanya dukungan generasi penerus, maka pelaksanaan pembangunan akan menjadi sia-sia. Sehingga perlu menjadi perhatian semua, mulai dari Pemerintah, Stakeholder dan seluruh elemen masyarakatnya.

“Stunting bukan hanya disebabkan oleh makanan, tapi juga cara penyajian, pemasakan dan lingkungan kurang sehat. Semisal Sanitasi buruk karena belum ODF, sehingga perlu kerja sama semua Satker dan elemen masyarakat, agar penanganannya dapat berkesinambungan,” katanya.

Menurut Nunik, meski secara Nasional Pengentasannya masih diatas rata-rata, namun setelah melihat disini kami Optimis Kabupaten/Kota yang ada di Lampung ini tahun depan akan terbebas dari masalah ini.

Sementara itu, Pj Sekdakab Lampura, Sofyan menyambut baik kegiatan tersebut, bahkan pihaknya siap mendukung Program Pemprov yang akan dilaksanakan guna mewujudkan “Lampung Berjaya”.

“Program Pengentasan telah banyak dilakukan, termasuk bantuan dari Pemerintah Pusat, seperti Rumah Singgah Layak Anak, Sosialisasi, Advokasi dan lainnya. Sehingga diharapkan kedepan dapat menurunkan angkanya, termasuk masalah Stunting,” ucap Sofyan.

Selain itu, Sekda berharap kepada Pemerintah untuk membantu Peningkatan Insfrastruktur seperti Peningkatan jalan Kabupaten menjadi Provinsi karena dipakai sebagai Jalur Alternatif Nasional. Serta Pemindahan Kantor Samsat dari samping Toserba Ramayana, ke lokasi yang telah disiapkan oleh Pemda di Desa Kalicinta. (RH)