DAERAH  

Upacara Apel Bulanan, Berikut Pesan Bupati Lampung Utara

Lampung Utara, Nusantara Pos – Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara mengadakan upacara bendera bulanan di Halaman Sekretariat Pemerintah Daerah Kabupaten setempat. Senin (17/2/2020).

Dalam acara tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Toto Sumedi, serta dihadiri Para Kepala SKPD, Para Kepala Bagian, dan ASN seluruh SKPD.

Dalam sambutan Plt. Bupati Lampung Utara yang disampaikan oleh Asisten II, menjelaskan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bersama seperti tentang penyelenggaraan Sensus Penduduk oleh Badan Pusat Statistik yang untuk pertama kalinya menggunakan metode kombinasi.

“Sensus nantinya menggunakan metode berbasis data registrasi induk kependudukan yang juga dilengkapi dengan data survei pencacahan jiwa di lapangan, untuk itu masyarakat diminta secara mandiri melaksanakan Sensus Penduduk Online melalui https://sensus.bps.go.id, mulai tanggaln15 Februari hingga 31 Maret 2020 nanti,” tutur Toto.

Kemudian sambung Dia, kepada Dinas PP dan KB agar menyiapkan konsep promosi program KB yang disesuaikan dengan kearifan lokal hingga lebih dapat diterima oleh masyarakat. Selain itu harus lebih concern lagi terhadap pendidikan kesehatan reproduksi remaja, karena minimnya pendidikan kesehatan reproduksi bagi remaja tersebut akan berdampak terhadap potensi pernikahan dan kehamilan di usia muda.

Toto berpesan agar pada musim penghujan ini harus selalu waspada terhadap mewabahnya penyakit DBD, sebab Fogging atau pengasapan belum cukup efektif karena hanya mematikan nyamuk dewasa sedangkan telur dan larva nyamuk terus berkembang biak.

“Diminta kepada seluruh ASN untuk melaksanakan gerakan serentak pencegahan dan pengendalian DBD melalui pemberantasan sarang nyamuk dengan Gerakan 3M Plus, yaitu dengan menguras, menutup, dan mendaur ulang serta melakukan gerakan pencegahan lainnya seperti memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pemgusir nyamuk, menggunakan kelambu pada saat tidur, tidak menggantung pakaian, mengatur pencahayaan ventilasi rumah dan lain sebagainya,” pesannya. (RH)