Istighosah Dengan Pentasharufan Dana Zakat Profesi Dan Infaq Baznas Pacitan

oleh -

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Badan Amil Zakat Nasional ( BAZNAS ) Pacitan mengelar kegiatan Istighosah di Pendopo Kabupaten Pacitan ( 17/2/2020 ).

Kegiatan ini dimulai dan diawali oleh Rois Syuriah PCNU Pacitan KH. Sodik sujak mengatakan, kami mengajak seluruh masyarakat Pacitan, mari kita tingkatkan iman dan taqwa dengan membayar zakat sehingga kita bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

” Semoga dengan doa ini Daerah Kabupaten Pacitan khususnya mendapatkan berkah dan tetap aman damai dijauhkan dari bencana, Aamiin Doanya.

Sesi kedua dilanjutkan Kabid Penerangan Agama Islam Amir Sholahudin Kemenag Jatim menjelaskan, dengan terselenggaranya kegiatan ” Pentasharufan Dana Zakat Profesi dan Infaq Baznas Pacitan” .

” Dalam rangka audit Syariah, melalui beberapa tahapan yang harus dilalui, setiap periode dana zakat harus di audit oleh Kementerian Agama, tujuan mengaudit lembaga zakat Syariah agar transparan, zakat jadikan sebagai tradisi karena merupakan rukun Islam yang ke tiga,” jelasnya.

Amir memeberikan informasi bahwa Kabupaten Pacitan dalam mengumpulkan Dana zakat Profesi Dan Infaq Baznas Pacitan masuk sepuluh besar di Jawa Timur dan menempati peringkat ke lima se Jawa Timur.

” Tentunya dukungan Pemerintah Daerah untuk menumbuhkan kesadaran PNS membayar zakat bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat Pacitan,” kata Amir.

Kementerian Agama dalam penilaian zakat ada tiga sambung Amir, pertama Azas Syariah Islam, Azas amanah dan
Azas kemanfaatan dan
dalam penilaian zakat ada tiga tipe, tipe A diatas 90, tipe B nilai 60 dan tipe C dibawah 60, dan Kabupaten Pacitan masuk penilaian di tipe A.

Diakhir Kegiatan Bupati Pacitan Indartato memberikan sambutan,
pada kesempatan hari ini Pemerintah Daerah Kab. Pacitan sangat bangga karena mendapat penghargaan dan masuk sepuluh besar serta menduduki peringkat ke lima di Jawa Timur.

” Kabupaten Pacitan semakin tahun dana zakat semakin meningkat hal ini tidak lepas dari usaha dan management Kementerian Agama Kabupaten Pacitan, kata Indartato.

Harapannya, semoga dana zakat tersalurkan dengan baik. ” Sehungga dapat dikelola oleh Basnaz, kedepan dana zakat Kabupaten Pacitan bisa menjadi peringkat pertama,” Ucapnya.

Pewarta : Agus Hermawan.