DPRD bersama Forkopimda Lampura Apel Siaga Gugus Tugas Covid-19

oleh -

Lampung Utara, Nusantara Pos – Ketua DPRD Lampung Utara (Lampura) bersama Forkopimda hadiri apel siaga gugus tugas Covid-19 di halaman kantor Pemda setempat, Kamis (26/3/2020)

Kegiatan apel yang dipimpin langsung Plt. Bupati Lampura, H. Budi Utomo dihadiri Pj Sekda, Sofyan, Para Asisten, Para Kepala OPD, Para Kepala Bagian, Anggota Polres Lampura, Anggota Kodim 0412/LU, dan para staf yang bertindak sebagai operator tank sprayer desinfektan.

Dalam sambutannya Plt. Bupati Lampung Utara mengatakan sejumlah negara yang sukses melawan penyebaran COVID-19 atau virus Corona adalah negara yang berhasil mengarahkan warganya tidak keluar rumah dan menjaga jarak pertemuan antar manusia dengan manusia lain atau disebut social distancing.

“Sebagai pelaksana Gugus Tugas yang ada di daerah, kita harus melaksanakan secara optimal apa yang menjadi kebijakan terkait percepatan penanganan Covid-19, dimana penyebaran virus corona merupakan bencana nasional yang perlu kita atasi secara bersama-sama yang melibatkan berbagai lintas sektor terkait,” tutur Budi.

Menurut Budi, pada aspek pencegahan haruslah mampu mengerahkan masyarakat agar mampu mematuhi kebijakan strategi social distancing, sebab tingkat kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang situasi ini tidaklah sama dan perlu adanya upaya yang lebih represif agar kegiatan pengumpulan massa tidak terjadi di masyarakat.

“Saya minta kepada semua pihak untuk tidak mengeluarkan pernyataan yang dapat menimbulkan kepanikan di masyarakat, apalagi apabila berita yang disampaikan belum tentu kebenarannya. Mari kita cegah berita hoax agar kondusifitas kita tetap terjaga,” ucapnya.

Plt. Bupati ini juga berharap agar kepada seluruh SKPD dan juga lembaga-lembaga yang ada di daerah untuk dapat menyediakan fasilitas cuci tangan yang mudah dijangkau, agar penularan corona dapat dicegah sedini mungkin.

“Selain, Penyemprotan desinfektan yang dilakukan hari ini diharapkan efektif dalam mencegah penyebaran Virus Corona. Forkopimda bersama Tim Satgas Ketahanan Pangan juga telah melakukan operasi pasar untuk memastikan ketersediaan bahan pangan agar bahan pangan tersedia dengan harga terjangkau,” ujarnya. (RH)