Bupati Pacitan Siapkan Anggaran 10 M Untuk Penanganan COVID- 19

oleh -

PACITAN, NUSANTARAPOS,- Bupati dan Wakil Bupati Yudi Sumbogo adakan rapat Dinas terkait penanganan Wabah Covid 19 di pendopo Kabupaten Pacitan. OPD yang ikut mendampingi adalah, Kepala dinas Kesehatan, Kadis perhubungan, Kasatpol PP, Kadis BPBD, dir Rsu dr Darsono, Kadis Pariwisata, Kadis Perindag, Kadis Kominfo.

Usai rapat Bupati Pacitan Indartato mengadakan jumpa pers , Jum’at (27/3/2020) menyampaikan,” Untuk penanganan corona Pemda menyiapkan anggaran 10 M diambil dari Dinas Kesehatan , RSUD, juga dari BPBD dan kelanjtanya dana dari Desa, kami sudah berusaha maksimal. Penanganan tidak bisa ditangani oleh Pemda sendiri tapi oleh semua komponen masyarakat termasuk dengan teman-teman media. Mengenai siapa yang berhak untuk mengumumkan masyarakat terkena Covid -19 adalah pemerintah pusat.”

Bupati juga menambahkan “Sekda agar menyiapkan gugus pemantauan mulai dari Kepala Pemerintahan sampai ketingkat Kecamatan, Desa, Rw agar kerja bisa maksimal dan harus ada yang sifatnya instruksi!” Sudah banyak warga pacitan dari luar berdatangan sehingga perlu pemantauan lebih intensif, sampai saat ini jumlah warga yang dipantau Pemda menurut data dari Dinas Kesehatan sekitar 1.733, yang kurang sehat 1 dan selesai di pantau ada 20 orang”.

Menanggapi usulan media menyangkut tempat berkumpulnya Ibu – Ibu membeli di agen sayur yang pengirimannya dari luar kabupaten, Indartato akan memerintahkan Kepala Dinas Pertanian segera cek lapangan untuk ditindak lanjuti.

Sementara, usulan dari beberapa awak media salah satunya menyampaikan agar komunikasi dengan Pejabat yang berkaitan lebih dipermudah. Hal itu dirasakan juga oleh media lainya. Kominfo Kabupaten setidaknya harus bisa menjadi penyambung ‘lidah’ pemerintah Daerah setempat artinya HP harus ON baik untuk ditelepun atau di Whatsapp. (MJ)