Ternyata Media yang Belum Ajukan Proposal Belum Ada Anggaran

oleh -

Nusantarapos – Lomba festival Karawitan jenjang SD, SMA/MA, SMK dibuka Bupati Pacitan Indartato di Pendopo Pemkab, Senin, (25/02/2019 ) yang di tandai dengan pemukulan Gong.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Pacitan Sumbogo, Pencetus ide lomba Karawitan Guntar, Sekretaris Daerah Drs.Suko Wiyono, MM. Kepala Dindik Drs.Daryono, MM.

Menindak lanjuti arahan Kepala Dindik mengenai detailnya anggaran prosesi Hari Jadi Pacitan termasuk karawitan, Suryadi menyampaikan.” Anggarannya mengacu ke DPA Dinas Pendidikan dalam hal ini bidang Kebudayaan tahun 2019. Kami melaksanakan DPA yang telah disusun tahun lalu. Rp. 517.000.000 penggunaan dialokasikan kegiatan kemarin untuk Properti, Sewa terop, Konsumsi kemudian Pagelaran seni, Prosesi hari jadi, Dekorasi. Ini kan masih ada rangkaian kegiatan, ada mujahadah qubro pada hari sabtu. Kemudian hari seninnya ada Festifal Karawitan, dua hari festifal pelajar dan hari Rabunya Geguritan Guru Paud.┬áKemudian masih ada kegiatan lagi tanggal 2 Maret itu Pagelaran Wayang Kulit di Alun-alun.Untuk anggarannya setelah kegiatan selesai kami baru mengajukan anggaran, karena mekanisme memang seperti itu,”

Kalau dari media massa yang kemarin sudah masuk adalah JTV, Grindulu FM, media massa yang lain ikut mempublikasikan kegiatan kami , sedangkan untuk yang besar kita sudah ada Kominfo.
Media yang belum mengajukan proposal ke kami untuk publikasi dan lain sebagainya belum ada anggaran. Anjuran Bupati terkait Hari Jadi dilaksanakan secara Clearment . Kami mengemas dengan arahan pak Kepala Dinas Pendidikan, walaupun Clearment tapi dibuat yang sakral “nges” kalau kemarin batinya la sekarang sudah kejawen , terus danyang-danyangnya ditambah dana semuanya. Dengan adanya tambahan kegiatan, dana kami menjadi mepet, apa pun yang terjadi kami menggunakan anggaran itu. Kemarin konsumsi juga cukup lumayan banyak, maka kami alokasikan konsumsi pada masyarakat.

“Orang tua siswa kurang mampu ada mekanisme tersendiri lewat batuan anak sekolah (BAS) dan lain sebagainya dalam keterkaitan kegiatan hari jadi, anak kurang mampu sudah dibagikan dikecamatan masing-masing. Kegiatan prosesi Hari Jadi dan yang menyertainya termasuk kegiatan sebelumnya ziarah makhom. Sedangkan pendanaan interens kantor kami menyampaikan secara globalnya. Total kotornya pagu yang tepat 517. 000.000 dipotong Ppn, Pph dan lain sebagainya , mekanisme pencairannya jadi seperti itu,”terangnya. (AW).