DAERAH  

Pemkab Lampura Gelar Apel Kesiapan New Normal

Lampung Utara, Nusantara Pos – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) menggelar apel kesiapan pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19 di halaman kantor Pemda setempat. Senin (8/6/2020).

Pantauan NP, nampak hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Lampura, Dandim 0412/LU, Kapolres, Pj. Sekda, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD selaku Tim Gugus Tugas Covid-19, PMI serta segenap jajaran yang tergabung dalam Gugus Tugas Covid-19 Lampura.

Plt. Bupati LU H. Budi Utomo dalam sambutannya menyampaikan pemerintah secara bertahap akan menerapkan New Normal atau Tatanan Normal Baru yang produktif dan aman dari Covid-19.

“Dengan menerapkan New Normal, nantinya pemerintah akan melaksanakan penertiban disiplin serentak se-Indonesia kecuali bagi daerah yang melaksanakan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar,” tutur Budi.

Menurut Budi, guna menghentikan pandemi Covid-19 ini, salah satunya dengan memutus mata rantai penyebaran dengan penerapan social distancing dan penegakkan protokol kesehatan lainnya. “Ya seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan serta menjaga jarak,” katanya.

Plt. Bupati menekankan agar seluruh personil Gugus Tugas di Kabupaten Lampura dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

“Sebagai Penegak Kedisiplinan, maka kita harus lebih dulu menerapkan disiplin yang tinggi, kemudian disiplin individu dalam mematuhi protokol kesehatan sangatlah penting. Namun disiplin kolektif jauh lebih penting untuk diterapkan. Tanpa disiplin kolektif, disiplin individu akan menjadi sia-sia,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Plt Bupati berpesan bila semangat solidaritas dan kebersamaan merupakan peran penting dan sangat menentukan. “Kepatuhan dan disiplin tinggi dari seluruh komponen baik pemerintah, swasta dan masyarakat sangatlah dibutuhkan,” pesannya. (RH)