Angka Positif Covid-19 di Buton Bertambah jadi 38 Orang

oleh -

Buton, Nusantarapos – Kasus positif covid-19 sebelumnya di kabupaten Buton berjumlah 28 merupakan dari tenaga kesehatan (Nakes) klaster RSUD kini bertambah 2 orang yakni laki-laki (25) dan perempuan (25) sporadis sehingga total pasien covid di Buton saat ini berjumlah 38 orang, Sabtu (27/06/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Buton, dr. Hayun menuturkan, hingga saat ini total pasien Covid-19 di Buton berjumlah 38 orang.

“Ada penambahan dua positif covid-19, laki-laki (25) dari Nakes klaster RSUD dan sebelum diambil tes swab,Nakes tersebut dilakukan rapid test dengan hasil reaktif sehingga dilakukan pengambilan sampel swab tenggorokan hasilnya positif. Sedangkan perempuan (25) sporadis karena mengalami gejala sesak nafas,” tutur Hayun.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa rencana hari Sabtu dan Minggu Ini akan dilaksanakan follow up (swab ulang) terhadap 30 pasien yang positif sebelumnya.

“Agar diketahui, apakah hasil swabnya negatif atau tetap positif,” jelasnya.

“Kepada seluruh masyarakat, agar tetap selalu waspada untuk menjaga jarak, pakai masker dan tetap ikuti protokol kesehatan,” pinta Hayun.

Untuk diketahui, saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buton telah melakukan rapid tes kepada 1.064 orang. Sedangkan swab tes sebanyak 115 sampel dengan hasil positif sebanyak 38 orang, Orang Tanpa Gejala sebanyak 65 orang serta ODP satu orang. (Irianto)