DAERAH  

Menpan RB: “Ada Komisi dan 96 Lembaga akan Dibubarkan”

Jakarta-Nusantarapos – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahyo Kumolo menyebutkan bahwa seteleh menyeleksi dengan seksama dan teliti maka ada 96 lembaga dan komisi yang akan dibubarkan karena dinilai tidak bekerja secara maksimal, Sabtu (11/07/2020).

Menpan RB Tjahyo Kumolo mengaku diberi mandat Presiden Jokowi untuk mencermati Lembaga/Komisi mana saja yang memiliki kinerja tidak maksimal akan dibubarkan.

“Menurut saya (Menpan RB), sudah 24 Lembaga/Komisi telah dibubarkan, yang lainnya semua sedang di inventarisasi dan dikoordinasikan kepada kementerian dan Sekretariat Negara,” tegas Tjahyo.

“Saya belum menunjuk komisi atau Lembaga apa yang akan dibubarkan,” ujarnya.

Tjahyo pun menjelaskan bahwa dalam amanah yang diberikan presiden tersebut, dirinya pun ikut juga meminta bantuan Istana.

“Belum bisa dibeberkan semua, lembaga mana saja atau komisi yang akan ditiadakan, termasuk kabar Komisi Kejaksaan (Komjak), nanti lembaga atau komisi ini akan diusulkan ke Presiden untuk dibubarkan,” detilnya.

Sebelumnya,Wakil Ketua Fraksi PAN DPR, Saleh Daulay mengatakan beberapa Lembaga atau Komisi yang layak akan dibubarkan diantaranya ialah Komisi Kepolisian Nasional(Kompolnas)dan Komjak sementara Lembaga yang harus dipertahankan. “Seperti KPU, Bawaslu,KomnasHAM serta Lembaga Perlindunga Saksi dan Korban(LPSK)”ucap Saleh.

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta Kemenpan RB untuk mengevaluasi kinerja 96 Lembaga Negara yang akan dibubarkan.

“Tujuannya agar ada parameter yang cukup untuk membubarkan atau meleburnya dengan lembaga lain dan pertimbangkan nasib pegawai yang bekerja di 96 lembaga terkait,” pungkasnya.

Penulis:Irianto