BMKG Peringatkan Nelayan Perairan Wakatobi Waspadai Gelombang Tinggi pada Akhir Juli

oleh -

Kendari, Nusantarapos – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari meminta masyarakat khususnya nelayan di perairan Kabupaten Wakatobi agar mewaspadai potensi gelombang laut yang berkisar 1,5 meter hingga 2,5 meter pada akhir bulan.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kendari Adi Istyono mengungkapkan potensi gelombang tinggi diwilayah perairan Sultra khususnya di Wakatobi diperkirakan terjadi 3-4 hari ke depan.

“Tepatnya mulai 27 Juni hingga 30 Juli ini disebabkan masih konsistennya angin timur dengan kecepatan 5-20 Knot di lautan,” ungkap Adi.

“Gelombang tinggi ini sangat berbahaya dan beresiko bagi para nelayan bagi yang menggunakan kapal-kapal kecil atau kapal penumpang dengan ukuran kecil,” jelasnya melalui via WhatsAppnya.

Adi pun berpesan agar para pengguna transportasi laut untuk lebih waspada dan memperhatikan informasi cuaca laut maupun tinggi gelombang yang dikeluarkan BMKG.

“Bagi nelayan dan para pengguna transportasi laut yang melewati perairan yang kami sebutkan ini, harus berhati-hati,” pintanya.

“Kemudian tetap juga mengupdate informasi tinggi gelombang melalui pihak Syahbandar, media konvensional dan media online lainnya,” pungkasnya. (Irianto)