DAERAH  

Dua Tahun Pimpin Sultra, Ali Mazi : Progres Pembangunan Tiga Mega Proyek

Kendari, Nusantarapos – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menjelaskan pada acara Ekspose dua tahun masa kepemimpinannya bersama wakilnya Lukman Abunawas terkait pengerjaan tiga Mega proyek yang tengah berlangsung pekerjaannya saat ini.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengungkapkan ketiga Mega proyek pembangunan itu yakni pembangunan jalan pariwisata Kendari-Toronipa, pembangunan rumah sakit jantung dan pembuluh darah bertaraf internasional serta pembangunan perpustakaan modern.

“Pembangunan pertama pada September 2019 lalu dimulai dari akses jalan wisata Kendari Toronipa dengan empat lajur jalan yang menelan anggaran dari APBD Sultra sebesar Rp 144 miliar,” ungkap Ali Mazi.

“Kini pengerjaan jalan itu dilanjutkan setelah pemerintah provinsi mendapat pinjaman Rp 800 miliar dari pemerintah pusat yang didanai oleh PT Sarana Multi Infrastruktur,pemenang tender yaitu PT Perumahan dan diperkirakan akan rampung pada tahun 2021 mendatang,” jelasnya.

Kemudian,lanjut Ali Mazi pun mengatakan progres pembangunan gedung perpustakaan modern dikerjakan dua tahap sehingga kini telah mencapai 76 persen.

“Desember 2020 akan rampung dan dapat digunakan pada 2021 mendatang,pengerjaan struktur gedung tujuh lantai sudah rampung,sekarang sudah masuk pemasangan instalasi,kaca gedung dan pengecoran kubah,” terangnya.

Ali Mazi pun menambahkan bahwa pembangunan gedung rumah sakit jantung dan pembuluh darah tahap satu sudah dirampungkan empat lantai.

“Biayanya Rp 94 miliar dan tahap kedua masih menunggu pencairan dari PT SMI,jadi pembangunan rumah sakit jantung ini akan digenjot hingga selesai pada tahun 2022, pembangunan keseluruhan direncanakan menelan anggaran Rp 400 miliar dengan desain 17 lantai,fasilitas lengkap dan akan menjadi rumah sakit khusus jantung pertama yang menjadi rujukan khususnya di kawasan Timur Indonesia,” pungkasnya.

Penulis:Irianto