Perempuan Tangguh dalam Adaptasi Kebiasaan Baru

oleh -

Lumajang, Nusantarapos – Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati melakukan Webinar dengan tema problem perempuan di masa adaptasi kebiasaan baru yang diselenggarakan Program Studi Sosiologi, Fisip Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya, Selasa (8/9/2020).

Menurutnya, Perempuan, khusunya para ibu memiliki peranan penting dalam penguatan keluarga pada masa pandemi Covid-19.
Di Kabupaten Lumajang, banyak yang dilakukan para ibu untuk mencegah penyebaran Covid-19 ditingkat keluarga, mulai dari mengedukasi sampai mempersiapkan protokol kesehatan di lingkup keluarga.

Dan tidak hanya itu, para ibu juga mulai berpikir kreatif untuk membantu perekonomian keluarga agar tetap stabil,”dari mulai usaha kecil, ada juga yang memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk ditanami bunga, sayur bahkan mulai membudidayakan ikan konsumsi.”tegas Wabub.

Masih menurut Bunda Panggilan Akrab Wabub, dalam adaptasi kebiasaan baru, tidak sedikit ibu yang merasa cemas atau bahkan takut yang berlebihan dengan kondisi pandemi, hal itu menjadikan para ibu lebih memproteksi aktifitas keluarganya.

“Kebiasaan baru ini merubah pola hidup semuanya, banyak hal yang dilakukan kaum ibu, mulai menjelaskan persoalan kepada anak-anak, hingga upaya preventif,” ujarnya.

Wabup juga memberikan semangat kepada para peserta webinar yang didominasi oleh ibu-ibu untuk tetap sabar dan telaten menghadapi situasi pandemi.

Sementara itu Dosen Sosiologi UWK Surabaya, Suharnanik menyampaikan apresiasi atas materi yang disampaikan Wabup Lumajang. Dirinya menilai, sebagai seorang yang berpengaruh terhadap pengambilan kebijakan di Kabupaten Lumajang, Bunda Indah mampu mendorong para ibu untuk tetap bertahan pada masa pandemi. (naf)