DAERAH  

Gerakan Moral Antisipasi Bencana, Kedua Paslon JIGAR Dan MBOIS Tidak Hadir

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Pemda Pacitan lakukan gerakan moral – sosial untuk mengantisipasi adanya bencana alam. Hal itu disampaikan Bupati Pacitan Indartato, Senin (26/10/20) di Pancer Door, ” Kegiatan hari ini adalah peringatan dini yang memanfaatkan kearifan lokal dimana pacitan ini adalah punya potensi bencana oleh karna itu kita perlu siap siaga salah satu upaya yg dilakukan adalah pemukulan kentong bersama ini adalah kita siap siaga seandainya terjadi bencana namun doa kita ini tidak terjadi dan kita selalu memohon kepada Allah SWT bencana tidak ada di Kab. Pacitan.”

Ia juga menjelaskan, Disamping kentongan, sosialisasi dan edukasi tetap dilaksanakan,  utamanya oleh BPBD, Camat,  Kepala desa, Kelurahan, dan Tokoh masyarakat. Harapannya budaya kearifan lokal tetap terjaga dan bahkan nanti  kentongan ini siap disetiap Balai Desa, Kantor, dan sebagainnya,

“Syukur kalo setiap rumah itu ada kentongan, karena kearifan lokal ini yg perlu kita budayakan.” pungkasnya.

Sebelumnya, masyarakat Pacitan sebagian dihantui rasa ketidaknyamanan adanya berita Tsunami dengan ketinggian 20 meter. Dalam moment penting ini sayangnya tidak dihadiri pasangan kedua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan baik Aji-Gagarin (JIGAR)  maupun Sumbogo-Ansori (MBOIS). (MJ)