Menikmati Hasil Panen Sayur dan Lele di tengah Pandemi

oleh -

Surabaya, Nusantarapos – Ibu-ibu PKK RT 04 RW 07 Pondok Benowo Indah ditengah pandemi covid menikmati hasil panen tomat, cabe, sawi, terong yang ditanam di area halaman sekitar rumah dan ikan lele yang dibudidayakan dengan terpal.

Hasil ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pemberdayaan PKK yang dilakukan oleh Suprayoga dan Arini dosen FISIP Universitas Wijaya Putra (UWP) serta Fitra Mardiana dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UWP.

Diawali dengan penyuluhan peran penting PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PKK khususnya masalah Pendidikan dan ketrampilan, pangan dan kelestarian lingkungan yang dilaksanakan bulan Agutus 2020, dilanjutkan dengan pelatihan cara membuat persemaian, pembibitan, penanaman dan perawatan tanaman sayur dan buah yang ditanam dalam pot dan polybag serta area sekitar rumah serta budidaya ikan lele dengan terpal dan drum.

“Dalam pelatihan dan pendampingan tim juga melibatkan ibu Anela Dwiyana, dosen fakultas pertanian UWP,” ungkap Suprayoga, Senin (14/12/2020).

Tri Wahyuningsih selaku ketua PKK RT 04 tidak menduga program ini mendapat sambutan dari ibu-ibu PKK dengan antusias ditengah pandemi covid-19 setelah menerima bantuan 1.500 bibit sayuran, buah dan juga bibit ikan lele, dan yang lebih membanggakan ketua PKK keterlibatan anak-anak muda yang aktif,” kata Tri wahyuningsih.

“Dalam pelatihan pemanfaatan bahan bekas dari ban motor bekas dan botol aqua bekas yang dijadikan media tanam untuk memperindah lingkungan, serta berharap tim bisa melanjutkan program penataan taman bermain memanfaatkan fasum yang ada di lingkungan RT 04 PBI,” ucap Suprayoga.