Disnaker Probolinggo Panggil PT Secco Nusantara Paiton

oleh -

Probolinggo, Nusantarapos – PT Secco Nusantara di Desa Sumberejo diduga tidak memberikan pelayanan yang baik terhadap karyawan. Tiga orang karyawan kemudian meminta bantuan hukum kepada pengacara.

Mereka adalah Ani Setiyawati warga Dusun Pesisir 029/08/RT/RW Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton, kemudian Suaibatul Aslamiyah Dusun Brino RT/RW 04/03 warga Desa Sogaan Kecamatan Pakuniran dan Susilawati, warga Dusun Togur RT/RW/24/08 Desa Kalikajar Wetan Kecamatan Paiton.

Sebelumnya, Syaiful Anwar, SH. Selaku kuasa hukum dari ketiga karyawan tetap PT. Secco Nusantara Paiton Mitra Produksi Gudang Garam (MPGG) Paiton telah melayangkan surat Laporan Ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo atas dugaan perbuatan sewenang-wenang yang dilakukan oleh PT Secco Nusantara Paiton terhadap tiga karyawannya dan atas Laporan tersebut Disnaker telah memanggil Pihak PT. Secco Nusantara Paiton pada hari Senin tanggal 30 November 2020 dengan nomer surat 560/857/420/106/2020 tertanggal 27 November 2020.

“Kami dari tiga karyawati ini hanya menuntut hak saya, sewenang-wenang tanpa ada kejelasan anak dan keluarga saya makan apa. Padahal bukan dari dua teman saya ini mas, masih banyak teman saya ini diberlakukan tidak adil oleh PT Secco Nusantara ini mas,” ungkap Ibu Sus.

Hasil pantuan Nusantara pos, diwaktu yang berbeda Syaiful Anwar, SH. Nenuturkan bahwa pihak Disnaker juga mengundang dirinya selaku Kuasa / Pelapor pada hari Rabu 16 Desember 2020 dengan Nomor.560/867/426/106/2020 tertanggal 30 November 2020 dan pertemuan tersebut dilaksanakan di Ruang Bidang Hubungan Industrial Jl. Raya Lumajang KM. 5 Keduangasem, Probolinggo.

Anwar menuturkan, “Agenda tersebut berlangsung sekitar kurang lebih 3 Jam membahas seputar laporan yang telah ia layangkan, dan menyerahkan dokumen-dokumen pendukung serta langkah-langkah hukum yang akan ditempuh oleh Pihak kuasa hukum dari ketiga buruh/karyawan PT. Secco Nusantara Paiton tersebut,” terangnya.

Dan sebagai wujud atas pertemuan tersebut selanjutnya pihak Disnaker Kabupaten Probolinggo akan memanggil Kembali pihak PT, Secco Nusantara Paiton dan pihak Pelapor untuk dilakukan upaya Bipartit dan pada agenda bipartit tersebut anwar sapaan setiap hari telah menyiapkan langkah-langkah hukum.

Menurutnya, selain upaya hukum yang telah ditempuh tersebut, tidak menutup kemungkinan upaya penyampaian pendapat dimuka umum/aksi turun jalan pun dapat dilakukan oleh para karyawan.

“Bahkan kami ajukan gugatan ke pengadilan Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI), mengingat kebenaran harus selalu disuarakan demi tegaknya hukum dan keadilan,” tandas Anwar. (ADL)