35 Personel Keamanan Amankan Ibadah dan Perayaan Natal Tahun 2020

oleh -

BANGGAI KEPULAUAN, NUSANTARAPOS,- Sebanyak 35 orang personil terdiri dari 25 orang dari Polres Banggai Kepulauan dan Polsek dan 10 orang dari Pos Totikum diterjunkan guna melaksankan pengamanan ibadah dan perayaan Natal di 21 gereja Se-Kecamatan Totikum dan Totikum Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan ( Bangkep ) Provinsi Sulawesi Tenggah. Dalam kegiatan Pengamanan tersebut dilakukan baik secara terbuka dan tertutup.

 

Kapolsek Totikum Ipda Rudi saat melakukan patroli pengamanan ibadah perayaan Natal melalui WhatsAppnya kepada awak media menyampaikan, jumlah personel TNI-Polri sebanyak 35 personel dan dalam pelaksanaan pengamanan, anggota ditempatkan  menyebar di 22 titik, baik itu di gereja-gereja maupun jalan-jalan, dan untuk personil yang melaksanakan patroli dan pengamanan juga dipersenjatai untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi dilapangan.

 

“Pantauan dan Pengecekan langsung oleh Kapolsek Totikum dan tim patroli bersama Danpos Totikum Koramil 1308-10/Salakan yang juga selaku Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Totikum tersebut bertujuan agar pelaksanaan perayaan Natal 2020 di gereja semaksimal mungkin dapat menerapkan protokol kesehatan dengan melalui edukasi 3M yakni mencuci tangan memakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak. Hal ini tertuang sesuai Perbup Bangkep No. 23 tahun 2020,” ujar Kapolsek, Jumat (25/12/20).

 

Lanjutnya, dari hasil pemantauan dan pengecekan dilapangan, sebagian besar para jemaat di 21 gereja di wilayah Polsek Totikum dapat menerapkan protocol kesehatan, diantara jalannya pelaksanaan ibadah perayaan Natal dengan melakukan 2 ( dua ) tahapan ibadah/misa Natal yakni pada pagi hari dan siang hari. Tujuannya agar pelaksanaan ibadah/misa Natal dapat dilaksanakan sesuai Protokol  Kesehatan ( Protkes ) guna  keamanan dan keselamatan umat itu sendiri. (*)