Jelang Tahun Baru, Probolinggo Wacanakan Rapid Test Antigen di 7 Kecamatan

oleh -

Probolinggo, Nusantarapos – Dalam Menghadapi Tahun Baru Satuan Percepatan Penanganan pencegahan Satuan Tugas Covid -19 Kabupaten Probolinggo Mewacanakan menggelar rapid test antigen di 7 kecamatan yang hingga kini termasuk zona merah. Sejauh Satgas Covid 19 sudah menyiapkan 15 ribu paket rapid test antigen.

Dalam peta sebaran Covid -19 Kabupaten Probolinggo, 7 Kecamatan zona merah itu meliputi, Sumberasih dengan 17 pasien terkonfirmasi positif Covid -19 Leces 21 pasien, Dringu 37 , gending 18 pasien Maron 12 pasien, Kraksaan 43 pasien, Besuk 8 pasien.

Koordinator Penegakan Hukum ( Gakkum) Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid -Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan, rapid test antigen di 7 kecamatan itu masih dalam wacana. Saat ini, pihaknya masih fokus ke rapid test antigen bagi pendatang.

“Maksimal sampai Senin(3/01/21) ke depan untuk rapid test antigen bagi pendatang yang mau masuk ke Kabupaten Probolinggo, pemeriksaannya di tiga titik dan setiap titiknya kami persiapkan 200 unit rapid test antigen, ” Ujar Ugas selasa (29/12/20).

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Percepatan penanganan Coba -19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi vironica menyampaikan, dari 15 ribu unit rapid test antigen yang di siapkan bukan dari bantuan, melainkan murni pembelian pemerintah.

“Untuk total kucuran dana pembelian rapid test antigen saya kurang paham. Tapi jika untuk harga satuan itu juga tergantung merk-nya, mulai dari Rp 80-90 ribu per boks. Setiap bokap itu berisi 25 alat rapid test,” ungkap perempuan kelahiran Balikpapan ini.

Sekedar informasi, total pasien positif Covid -19 di kabupaten Probolinggo sejauh ini sudah mencapai 2.136 pasien, 218 antaranya masih dirawat, 1,807 sudah sembuh dan 111 orang meninggal dunia. (ADL).