Pemkab Lampura Konsisten Dalam Menangani Covid-19

oleh -

Lampung Utara, Nusantara Pos – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) menjadi salah satu yang kontestan dalam Penilaian Virtual Kompas Gramedia Lampung Award dengan bertajuk Apresiasi Sinergitas Percepatan Penanganan Covid-19.

Dalam pemaparan secara virtual yang berlangsung di ruang Dinas Kominfo Lampura. Selasa (16/3/2021) Tim Satgas Covid-19 yang diwakilkan oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo, Susilo Dwiko beserta Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes serta Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lampura, Edi Warsono.

“Saat ini situasi Covid-19 mengarah ke transmisi lokal, terbatasnya SDM dan cukup banyak yang terpapar Covid. Banyaknya penolakan masyarakat untuk dilakukan Rapid Test dan penolakan pemulasaran serta pemakaman secara protokol covid-19, hingga ketersediaan ruang isolasi yang belum mencukupi,” kata dr. Dian Mauli Juru Bicara Tim Satgas Covid-19.

Lebih dalam dia menjelaskan, meski masih ada beberapa permasalahan yang terjadi, namun pihaknya juga memiliki berbagai macam kegiatan untuk penanggulangan Pandemi Covid-19 di Lampura, salah satunya dengan menerapkan kegiatan isolasi mandiri di rumah masing-masing, dilokasi khusus di desa atau kecamatan dan difasilitas khusus pemerintah yang terpusat di Islamic Center.

“Kita juga melakukan pemantauan Puskesmas bagi pasien isolasi mandiri di Rumah. Pemantauan Kesehatan ini dilakukan melalui telepon dan kunjungan langsung. Kita juga berikan bantuan vitamin dan bantuan logistic sembako dari BPBD,” tutur Dian.

Untuk Pemakaman jenazah bagi pasien Suspek dan terkonfirmasi Covid-19, sambung Dian, prosesi pemakamannya disediakan lokasi pemakaman khusus yang berlokasi di Desa Tanjung Ima, Kecamatan Blambangan Pagar. “Penyediaan lokasi pemakaman khusus Covid-19 ini merupakan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Utara,” katanya.

Selain kegiatan dalam rangka penanganan dan penangggulangan Covid-19, Tim Satgas Covid-19 Lampura juga melakukan edukasi ke masyarakat tentang upaya pencegahan penularan virus Corona dengan menerapkan protokol Kesehatan yakni, Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak (3M).

“Selain edukasi tentang 3M, kita juga melakukan penegakan disiplin ke masyarakat dengan Razia masker di tempat-tempat umum, pengendalian acara kerumunan, hingga membuat regulasi terkait covid-19,” pungkasnya. (RH)