Mewakili Bupati Budi, Asisten III Lampura Hadiri Sosialisasi Meta Data Statistik Sektoral

oleh -

Lampung Utara, Nusantara Pos – Pemkab Lampung Utara (Lampura) menggelar Sosialisasi Meta Data Statistik Sektoral yang dilaksanakan di ruang Tapis Pemda setempat Rabu (24/3/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten III bidang Administrasi Umum Lampura, Hi. Efrizal Arsyad mewakili Bupati Budi Utomo, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lampura, Anwar, Kabid IPDS BPS Lampung, Sudiyanto, para Camat dan seluruh Perangkat Daerah.

“Meta Data ini adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan suatu informasi dan menjadikannya mudah ditemukan, digunakan atau dikelola. Tujuannya agar untuk memudahkan pengelolaan data dan informasi, memudahkan pencarian data, menghindari duplikasi data, memberikan penyajian data yang akurat, memudahkan evaluasi informasi, dan lain sebagainya,” tutur Efrizal dalam sambutannya.

Asisten III ini berharap agar seluruh Perangkat Daerah dan Kecamatan, supaya dapat membangun dan mewujudkan Meta Data Statistik secara sektoral. Selain itu, tenaga admin pengelola data dari masing-masing Perangkat Daerah dan Kecamatan diminta lebih berfokus pada Open Data, terutama yang berhubungan pelayanan publik.

“Tujuannya agar informasi publikasi kepada masyarakat, dapat lebih mudah jika diakses. Untuk itu, dibutuhkan input data yang berkualitas agar menghasilkan metadata yang berkualitas pula. Perangkat Daerah dan Kecamatan harus aktif untuk mengisi segala informasi sesuai dengan pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat,” katanya.
 
Ditempat yang sama, Kabid IPDS BPS Lampung memaparkan bentuk data yang memberikan infrmasi atau mendeskripsikan suatu data lainnya. Hal ini kini sangat penting di dunia yang telah sangat bergantung pada data dan teknologi. Pengelompokan dibagi menjadi tiga yakni, Meta Data Deskriptif, Struktural dan Fisik.

“Meta data Deskriptif yakni Meta data kegiatan statistik. Struktural, Meta Data menginpelemntasiakan teknis pembuatan suatu data dan Meta data Fisik berisi informasi untuk membantu pengolahan sumber daya,” papar Sudiyanto.

Secara fungsinya, sambung dia, dengan Meta Data bisa menyimpulkan cara mendapatkan data. Apakah ada jata kunci, kode yang bisa di link dengan yang lain. “Kita juga bisa menentukan besaran data yang akan disimpan, kemudian memudahkan dalam pencarian data,” ujarnya. (RH)