DAERAH  

Karang Taruna Kabupaten Sah Dikukuhkan, Berikut Pesan Bupati Lampura

Lampung Utara, Nusantara Pos – Bupati Lampung Utara (Lampura), Hi. Budi Utomo, menghadiri Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Lampura untuk masa Bhakti 2021-2026 yang digelar di GOR Stadion Sukun Kotabumi kabupaten setempat, Minggu (28/3/2021).

Kegiatan dengan tema Meningkatkan dan Mengembangkan Cipta, Rasa, Karsa dan Karya Generasi Muda Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia tersebut turut dihadiri Anggota DPRD Lampra, Kepala OPD, Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung, Dendi Romadhona dan Ketua Karang Taruna Kabupaten se-Provinsi Lampung.

Dalam acara pengukuhan tersebut juga diadakan pemberian bantuan sembako secara simbolis oleh Bupati Lampura dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Lampura.

Dalam sambutannya, Bupati menuturkan bahwa sesuai Peraturan Menteri Sosial Nomor 25 tahun 2019 tentang Karang Taruna. Untuk itu Karang Taruna sebagai organisasi besar memiliki tugas dalam membawa perubahan ke arah positif. Dengan demikian, Karang Taruna harus ikut berperan membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan.

“Dengan dasar peraturan tersebut, maka Karang Taruna harus dapat mengimplementasikannya di masyarakat, diantaranya harus mampu menunjukkan beberapa fungsinya sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda, dan senantiasa bersinergi serta sekaligus menjadi mitra dengan Pemerintah Daerah, dalam hal peningkatan pemberdayaan potensi pemuda,” tutur Bupati Budi.

Menurut Bupati Lampura, saat ini bukan Iagi persoalan “Negara Besar” menguasai “Negara Kecil”, tetapi “Negara Cepat” menguasai “Negara Lambat”. Terlebih ditengah keterpurukan dunia akibat pandemi Covid-19 ini, maka sangat diperlukan kecepatan dan kepekaan dalam menangkap sebuah peluang, dengan menyingkirkan semua hambatan-hambatan.

“Maka itu, mau tidak mau kita harus memiliki SDM yang unggul, yang mampu menguasai perkembangan teknologi, sehingga mempunyai kecepatan untuk dapat memenangkan persaingan,” katanya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Lampura berpesan agar Karang Taruna harus menjadi motor penggerak bagi generasi muda dan masyarakat dalam bidang sosial kemasyarakatan, keagamaan, perekonomian dan pertanian.

“Mari kita bekerja sama, bergandengan tangan untuk bersama-sama mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, yaitu menjadikan Kabupaten yang aman, agamis, maju dan sejahtera,” pesannya. (RH)