Pemkab Sukabumi Raih Penghargaan APE dari Kementerian PPPA

oleh -
Bupati Sukabumi saat memberikan sambutan pada acara vaksinasi lapangan terkait pemberian penghargaan APE.

Sukabumi, NUSANTARAPOS.CO.ID – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri acara Verifikasi lapangan terkait pemberian penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) disalah satu hotel dikawasan Selabintana, Senin (29/03/21).

Dihimpun Nusantarapos dari Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfosan) Pemda Kab. Sukabumi, dalam Sambutannya saat itu Bupati mengatakan, bahwa Anugrah Parahita Ekapraya (APE) adalah penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

“Hal tersebut Komitmen serta peran Kementerian dan lembaga Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG),” jelas Marwan.

Lebih lanjut menurut Marwan juga menambahkan, bahwa pencapaian tersebut sangat penting mengingat gender merupakan isu lintas sektor dan berpengaruh langsung terhadap proses pembangunan sumberdaya manusia dan menjadi tanggungjawab bersama.

“Sistem penilaian Anugrah Parahita Ekapraya (APE) penilaianya dilakukan dengan cara mengevaluasi Indikator kelembagaan dan indikator Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender,” tambahnya.

Seperti diketahui, prasyarat utama Pengarusutamaan Gender, ketentuan tersebut telah sesuai dengan Instruksi Presiden RI No. 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional.

“Dalam duakali penyelenggaraan APE, Tahun 2016 dan 2018, alhamdulillah Kab. Sukabumi berhasil mendapatkan penghargaan untuk katagori Madya, semoga tahun ini kita bisa berhasil kembali meraih prestasi,” imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Sukabumi berharap ajang penghargaan APE bisa meningkatkan motivasi guna mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender diberbagai sektor pembangunan demi terwujudnya Kab. Sukabumi yang religius, maju dan inovatif serta menuju masyarakat sejahtera lahir dan batin.

Sebelumnya, Sekretaris Deputi kesetaraan Gender Dr. Hj. Dewi Rispatiningsih menyampaikan bahwa pelaksanaan verifikasi lapangan ini dilakukan secara daring baik tingkat pusat maupun tingkat daerah.

Ia juga menegaskan, bahwa salah satu agenda nasional 2020-2024 adalah meningkatkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan berdaya saing dengan meningkatkan kualitas anak dengan baik.

“Apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kab. Sukabumi atas dukungan data dalam verifikasi ini, harapannya data ini dapat menggambarkan perlindungan perempuan dan anak di Kab. Sukabumi sudah dilaksanakan dengan baik,” pungkas Dewi.(Iwa)