DESA  

Pembangunan Saluran Air sawah Di Gampong Ladang Sudah Dirampungkan

Meulaboh, Nusantarapos- Pembangunan Saluran Air sawah di Gampong Ladang Kecamatan Sama Tiga Kabupaten Aceh Barat yang berukuran sepanjang 346 meter, dengan pencairan dana sebesar Rp. 101.860.000, yang bersumber dana APBG (DDS) Tahun 2020.

Adapun sistem kerja pembangunan saluran Air sawah dengan kerja secara Gotong royong yang melibatkan masyarakat Gampong Ladang termasuk para wanita, dengan dibentuk 3 regu kelompok kerja, yaitu,: Regu 1, Regu 2, dan Regu 3. Tiap regu sejumlah 15 0rang tenaga kerja, dengan upah kerja Rp 70.000 per meter per orang.

Menurut Keuchik PJS Gampong Ladang Jamil Hamzah, “Pelaksanaan Pembangunan Saluran Air sawah merupakan usulan dalam musrembang tingkat Gampong di Gampong Ladang,” ucapnya, Jumat (23/10/2020).

Maka dari itu, ia mengharapkan terutama kepada para petani dengan siapnya dibangun saluran Air sawah agar dapat difungsikan saat diperlukan menaikan air kesejumlah Areal persawahan diblang seumasang Gampong Ladang.

“Dengan harapan kedepan dapat meningkat hasil panen padi,” imbuhnya.

Para pemilik sawah yang terkena gali saluran pun telah memberi izin untuk digali pembangunan Saluran Air sawah sepanjang 346 meter.

Sementara dalam pekerjaan pembangunan saluran air sawah tetap lancar dan tidak terjadi keributan. “Semua hak seperti pemilik tanah sudah diizinkan,” terang Ketua Kelompok tani Gampong Ladang pada Nusantarapos. (Muhibbul jamil)