DESA  

Areal Persawahan Blang Seumasang Gampong Ladang mulai Dilakukan Pengolahan

Meulaboh, Nusantarapos.co.id – Areal persawahan Blang seumasang Gampong Ladang Kecamatan Sama Tiga Kabupaten Aceh Barat kini sedang dilakukan pengolahan sawah dengan Hand Traktor. Secara bergiliran ke tiap petak sawah yang dimiliki oleh petani setempat.

Adapun cara kerja pengolahan sawah satu petak sawah siap tanam ongkos pengolahan dengan Traktor Rp 60.000 dan ongkos tersebut memang sudah ditentukan bahkan akan naik sebut salah seorang kerja Hand traktor pada Nusantarapos (28/10) waktu setempat.

Menurut pengakuan Ketua Kelompok.Tani Gampong Ladang Jamil Hamzah, Kamis (28/10/2020) pada Awak media Nusantarapos mengatakan, “Jadwal Turun kesawah sudah kami umumkan tentang pelaksanaan terutama tentang tanggal tabur bibit, dan masa pengolahan ,waktu tanam dan masa panen, itu semua telah kami umumkan. Harapan kami mohon dimaklumi demi dapat menanam padi secara serentak,” sebutnya.

Beberapa anggota kelompok tani persawahan blang seumasang, Gampong Ladang juga menyebutkan kenduri turun kesawah sudah diadakan, sebagai tradisi adat, kami akan tanam padi secara serentak, agar tidak ada gangguan hama seperti burung pipit,” kata Basyah salah seorang warga tani blang seumasang waktu setempat.

Ditanya tentang bibit padi menurut Basyah sekarang bibit padi sudah ada bibit jenis baruseperti Manfan,mitik, fioner, yang banyak ditanami jenis padi manfan. Hasilnya meningkat dan tahan dari gangguan hama wereng,” ucap Basyah.

Kadis Pertanian Kabupaten Aceh Barat Safprijal pihaknya sangat mengharapkan kepada warga Tani 12 Kecamatan agar dapat meningkat hasil panen juga lahan lahan baru mohon digarap.demi tercipta yang meningkat dalam upaya sebutan Aceh Barat Lembung pangan yang bermutu sehingga usaha dibidang pertanian menanam padi, benar-benar serentak tiap musim tanam,” tuturnya.

Sementara Saluran Air sawah yang sudah siap.dibangun disepanjang persawahan blang seumasangg jika musim kemarau sawah butuh air sudah bisa dinaikan dengan mengunakan mesin pompa air melalui saluran yang sudah ada ke sejumlah areal persawahan. (Muhibbul Jamil).