Dampingi Cecep Suryana, Kabid PAUD Monev Pelaksanaan Kampung Literasi

oleh -

Lampung Utara, Nusantara Pos – Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara (Lampura) Yeni Sulistina mendampingi Cecep Suryana selaku Koordinator Sub Fungsi Keaksaraan Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen Kemdikbud RI, ke Kampung Literasi di Desa Ratu Abung Kecamatan Abung Selatan kabupaten Lampura, Kamis (17/12/2020)

Kedatangan petinggi bidang PAUD ini guna melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan Kampung Literasi, sekaligus meninjau beberapa lokasi pojok baca masyarakat dan tempat produksi makanan olahan singkong di Kampung Literasi tersebut.

Dalam arahannya, Cecep Suryana mengatakan agar Kampung Literasi terus dapat dikembangkan agar pemahaman tentang pemberdayaan masyarakat semakin meluas, karena kampung literasi hakekatnya merupakan pemberdayaan masyarakat.

Lebih dalam Cecep menjelaskan bila Kampung Literasi merupakan kawasan kampung yang digunakan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang luas. Dengan berbagai kegiatan yang berkesinambungan merupakan upaya untuk menjaga agar kegiatan literasi di masyarakat terus berdenyut dan berkesinambungan.

“Program Kampung Literasi dapat menjadi sarana mengembangkan pengetahuan dan potensi masyarakat setempat sehingga memiliki pemahaman yang luas, kecakapan literasi dan kompetensi yang memadai, bahkan masyarakat dapat mengeksplorasi dan memberdayakan semua potensi yang dimiliki daerah, baik potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia
secara maksimal untuk mendukung kemajuan masyarakat dan daerahnya,” tutur Cecep.

Selain itu, sambung Cecep, masyarakat di Kampung Literasi juga dapat mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal yang menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat. Hal ini tidak hanya melestarikan dan menghidupkan kearifan lokal, namun juga bisa menciptakan kawasan kampung yang memiliki ciri khas
tersendiri.

“Program Kampung Literasi ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi pemerintah
daerah untuk diterapkan dan dikembangkan di desa atau daerah lainnya,” katanya seraya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas peran serta Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara dalam mendukung Program Kampung Literasi, melalui beberapa kegiatan yang telah dipusatkan di Kampung Literasi.

Dalam kesempatan tersebut, Kabid Pembinaan PAUD dan Dikmas Disdikbud Lampura, Yeni Sulistina juga menyerahkan bantuan buku dari Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Lampung sebanyak 50 paket yang masing masing berisi 12 materi bahan ajar PAUD selama masa pandemi kepada Devi Sriistina selaku Pengelola PKBM Harapan Mandiri yang bertanggungjawab mengembangkan program kampung literasi. (RH)