Tebarkan Dakwah Ramah, WASATHI Selenggarakan Khalaqah Khatib se Jawa Barat

oleh -42 views

Bogor, NUSANTARAPOS.CO.ID – Wadah Silaturrahim Khatib Jum’at Indonesia (WASATHI) bekerjasama dengan Kyai Ma’ruf untuk Semu (KAMUS) selenggarakan Khalaqah Khatib se-Jawa Barat, Rabu (20/3/2019) kemarin. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Islam Penuh Rahmat”. Acara yang dilaksanakan di Hotel Palace Cipanas, dihadiri 300 pendakwah dan khatib se-Jawa Barat.

Dalam sambutannya, KH. Arief Fakhruddin, halaqah ini diselenggarakan untuk meneguhkan dakwah yang menjadi rahmat bagi semua dengan landasan kebangsaan dan persaudaraan.

“Penting untuk disadari, tantangan kita bersama adalah gerakan radikalisme, hoax, fitnah dan ujaran kebencian yang seringkali berseliweran,” tuturnya.

Peserta Khalaqah Khatib sedang menyimak salah satu narasumber.

Halqah ini menghadirkan pemateri dari MUI Pusat, KH. Masduqi Badlowi dan Kyai Asnawi, dari MUI Jawa Barat.

Dalam paparannya, KH. Masduqi Badlowi mengajak kepada semua peserta untuk menyajikan materi dakwah dan isi khutbah yang menyejukkan, tidak mudah terprofokasi apalagi menebarkan hoax di tengah masyarakat dan umat Islam pada khususnya.

“Islam radikal itu, sudah tidak mementingkan kebenaran (pos truth). Mereka mementingkan opini publik (sekalipun itu tidak benar) untuk membuat bergojalak di tengah-tengah masyarakat. Hingga kita terjebak kesulitan membedakan antara yang benar dan yang salah,” tegas ketua MUI.

Hal senada juga disampaikan oleh KH. Asnawi. Beliau menyeruhkan pentingnya dakwah yang memberi kabar baik (basyiran), membimbing dan mencerahkan masyarakat untuk menjadi sosok yang lebih baik dengan semakin meningkatknya keimanan.(Hari.S)