Bekraf Dukung Film Kado di Sundance Film Festival

oleh -

Jakarta, Nusantaraapos —Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memberikan dukungan kepada Miles Films sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia di Sundance Film Festival 2019 di Utah, Amerika Serikat.

Pada acara yang dilaksanakan 24 Januari-3 Februari 2019 ini, Miles Films melakukan screening film pendek Kado (A Gift). Dukungan ini diberikan sebagai upaya penguatan ekosistem industri perfilman Tanah Air.

Seperti dikutip dari Siaran Pers Bekraf, Sundance Film Festival merupakan top five international film festival. Kepesertaan wakil Indonesia di festival film bergengsi ini diharapkan menjadi pintu masuk kerja sama dengan Sundance Institute. Institut yang didirikan pada 1981 ini memiliki 13 program untuk mendukung pengembangan kompetensi bagi pembuat film independent, artis teater, dan komposer.

“Bekraf memberi dukungan penuh kepada Miles Films sebagai perwakilan Indonesia di Sundance Film Festival, Utah, Amerika Serikat. Festival ini tidak hanya menjadi ajang screening film Kado (A Gift) yang diproduksi Miles Films tapi juga penjajakan kepada Sundance Institute untuk bekerja sama dalam upaya meningkatkan skill pelaku industri film Indonesia,” ungkap Kepala Bekraf, Triawan Munaf saat press conference di CGV FX Sudirman, Senin (21/1).

Inisiatif kerja sama ini muncul karena Sundance Institute saat ini juga membuka kerja sama dengan negara di Asia Tenggara. Produser Film Kado, Mira Lesmana menyampaikan kerja sama dengan Sundance Institute bisa dilakukan untuk program Episodic Storytelling, Creative Producing, dan Creative Distribution Initiatives. Episodic Storytelling berupa workshop selama enam hari di Sundance Resort, Utah bagi penulis skenario untuk membuat original pilot script.

Creative Producing mencakup serangkaian lab, fellowship, dan kegiatan sepanjang tahun dan memperbaharui komunitas produsen untuk mempertahankan semangat film independen. Sedangkan Creative Distribution Initiatives bertujuan memberdayakan pembuat film untuk menavigasi bisnis film independen.

Deputi Hubungan Antarlembaga dan Wilayah Bekraf, Endah Wahyu Sulistianti menjelaskan Bekraf terus mendukung pelaku kreatif berprestasi untuk bisa unjuk gigi di tingkat internasional melalui program Travel Grant. Pelaku kreatif bisa mengajukan Travel Grant melalui www.satupintu.bekraf.go.id.

“Setiap tahun, Bekraf selalu memberi dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif berupa Travel Grant untuk berkiprah di tingkat internasional. Pada 2018, total pendukungan yang diberikan sebanyak 42 kegiatan,” kata Endah.

Film Kado yang disutradarai Aditya Ahmad ini juga menjadi salah satu penerima pendukungan di tahun lalu untuk tampil di Venice International Film Festival (IFF) dan menjadi pemenang Film Pendek erbaik – Orizzonti 75th Venice IFF serta mendapat perhatian positif dari penonton internasional. Hal tersebut membuktikan kualitas karya anak bangsa tidak kalah dan mampu bersaing di kancah dunia. (*)