Invisible Hopes, Kisah Nyata Kehidupan Wanita Hamil di Dalam Lapas

oleh -

Jakarta, Nusantarapos – Lam Horas Films siap meluncurkan Invisible Hopes, sebuah film yang mengungkapkan kehidupan nyata para anak-anak yang lahir dari ibu narapidana yang terpaksa hidup di jeruji penjara.

Syuting film ini dilakukan di dalam Lapas Kelas II A Jakarta Timur selama 6 bulan di tahun 2018.

Sutradara sekaligus produser Invisible Hopes Lamtiar Simorangkir mengatakan bahwa proses syuting di dalam lapas sangat sulit. “Cukup susah dan kita dibantu Komnas Perempuan kemudian bapak ibu dari Ombudsman, ” ujar Lamtiar saat jumpa pers di XXI Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (1/4/2021).

“Proses mendapat gambar itu enggak mudah. Tapi itu juga melakukan pendekatan hati-hati kepada petugas Lapas dan narsumnya,” lanjutnya.

Film ini bertujuan edukasi dan raising awareness serta diharapkan dapat memberikan informasi baru untuk menjadi bahan diskusi penonton, agar merekonstruksi solusi baru yang lebih berpihak kepada perempuan hamil, dan lebih penting lagi diharapkan dapat membawa harapan baru bagi anak-anak yang hidup dalam penjara orang dewasa.

“Tujuan kami supaya ada perbaikan anak dan ibu hamil dalam penjara,” terang Lamtiar.

Invisible Hopes rencananya akan tayang di bioskop pada bulan Mei 2021. Trailernya untuk publik yang dapat dilihat pada tautan berikut :

(Arie)