Ingin Dalami Seni Peran, Cellina Permata Dewi Ikuti Audisi Mencari Siti

oleh -
Celline

MALANG,NUSANTARAPOS,-Ditengah masa pandemi yang berdampak pada pembatasan seluruh aktifitas sosial, Cellina Permata Dewi justru menggunakan kesempatan itu untuk lebih mendalami seni peran. Melalui ajang bertajuk Mencari Siti yang digelar secara virtual oleh Indonesia Kaya, Ia mengikuti audisi drama musikal yang diadaptasi dari cerita Siti Nurbaya garapan Garin Nugroho. Kecintaannya pada dunia peran dan tarik suara turut menjadi pendorong bagi arek teater Malang ini untuk mengikuti ajang pencarian peran tersebut. Ketrampilan vokal, koreografer, dan juga akting menjadi prasyarat dalam ajang tersebut.

Ada dua lagu yang harus dinyanyikan oleh para kompetitor. Ialah lagu wajib yang berjudul Mencari Siti, dan lagu pilihan dengan judul sesuai peran. Adapun beberapa teknis dalam audisi adalah, para kompetitor diwajibkan untuk merekam kedua lagu tersebut serta menampilkan koreografer, akting dan juga kemampuan vokal sesuai contoh yang telah diberikan oleh penyelenggara, yang dibagi melalui website maupun akun instagram Indonesia Kaya. Sementara itu, audisi yang dibuka mulai tanggal 9-31 Desember 2020 itu memilih Garin Nugroho, tim Indonesia Kaya, dan Teater Musikal Indonesia sebagai juri. Siapapun boleh mendaftar dan tidak dipungut biaya.

Cellina mengambil peran sebagai Siti Nurbaya dalam audisi itu. Untuk teknik pendalaman karakter, Ia mengaku telah banyak melakukan riset tentang ketokohan dan karakter Siti Nurbaya kehidupan di ceritanya. Sistem virtual membuatnya sempat mengalami kesusahan berperan di depan kamera. Hal ini, menurut Cellina, mempengaruhi caranya dalam berakting dan bernyanyi. Akibatnya, ia menjadi kurang percaya diri dan kaku.

Sebagai pemula di bidang seni peran, audisi Mencari Siti menjadi ajang pertama kali yang pernah diikuti Cellina. Sebelumnya, gadis berkacamata tersebut hanya beberapa kali mengikuti pentas kecil-kecilan yang diadakan oleh komunitas teater atau undangan dari luar komunitas seperti pentas study komunitas teater dan acara dies natalis. Dari pengalamannya sebagai anggota kegiatan mahasiswa teater lah, ia mendapatkan bekal ilmu peran, tepatnya sejak tahun 2019.

Beberapa pengalaman yang menyenangkan didapatkan oleh Celline selama mengikuti audisi tersebut. Ia menuturkan, audisi tersebut telah memberi kesempatan baginya untuk terus berkarya tengah wabah ini. Selain itu, ia juga menikmati proses belajar sekaligus menambah wawasan dan teman.

Cellina berdoa dan berharap dapat lolos dalam kompetisi ini. Sebab ia memilki keinginan untuk belajar lebih luas lagi tentang seni peran diluar komunitas teater yang diikutinya saat ini.

“Saya ingin belajar tentang seni peran dengan Indonesia kaya yang di filmkan oleh bapak Garin. Karena drama musikal ini akan dilangsungkan secara virtual, saya sangat berharap bisa lolos dan memiliki banyak pengalaman dari drama musikal ini”, ungkapnya.

Pewarta : Monika Dyah Sari