HUKUM  

Sejumlah Ormas dan Aktivis Kecam Tragedi #AksiNyataUntukIndonesia

Nusantarapos,-Sejumlah organisasi masyarakat (Ormas), komunitas dan aktivis mendeklarasikan gerakan #AksiNyata Untuk Indonesia di sebuah hotel di kawasan Keramat Raya Jakarta Pusat, Kamis (03/05/2018).

Ormas tersebut antara lain dari Front Pemuda Islam Indonesia (FPII), Forum Aktifis Jakarta (FAJAR) dan sejumlah organisasi mahasiswa dan pemuda kedaerahan.

Menyangkut Kegiatan Car Free Day (CFD) yang seharusnya dimanfaatkan untuk kepentingan lingkungan hidup, olah raga, seni dan budaya di kawasan Sudirman -Thamrin Bundaran Hotel Indonesia Jakarta Pusat, Minggu 29 April 2018 lalu yang diwarnai dengan kegiatan bernuansa politik & kampanye Capres, dinilai bertentangan dengan Pergub Nomor 12 Tahun 2016 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD)

“Sekelompok orang dengan kaos #GantiPresiden2019 dalam kegiatan tersebut melakukan perilaku Diskriminasi, Intimidasi dan Persekusi terhadap kelompok yang berseberangan pendapat”, tegas DR. Agus Hari Hadi, MT akademisi pada salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta dalam deklarasi dan  konferensi pers  #AksiNyataUntukIndonesia di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (03/05/2018)

Menurutnya, bukan hanya orang dewasa, Ibu dan Anak-nya yang melintas Bundaran HI menggunakan kaos #DiaSibukKerja pun ikut menjadi korban perilaku primitif yang sama sekali tidak mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa indonesia.

“Untuk itu kami mengajak kepada seluruh Rakyat Indonesia siapapun dia Ormas/OKP/LSM/Komunitas/Pemuda/Mahasiswa yang tergerak hatinya untuk menciptakan demokrasi yang bermartabat sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dengan menyatakan:

Pertama, mengecam perbuatan oknum yang melakukan diskriminasi dan  intimidasi karena perbedaan pandangan politik dalam acara CFD 29 April 2018 serta mendukung aparat untuk melakukan penegakan hukum.

Kedua, mengajak untuk saling menghargai hak asasi dan perbedaan pandangan antar anak bangsa dengan tidak mendiskriminasi yang menyudutkan salah satu kelompok atau golongan manapun

Ketiga, Melakukan refleksi untuk mengembalikan nilai-nilai luhur dan budaya bangsa sesuai dengan Pancasila di tengah derasnya arus Globalisasi, ungkap Agus.

Dia menambahkan, gerakan ini di dukung juga oleh tokoh tokoh nasional yang prihatin atas kejadian intimidasi dan persekusi pada CFD lalu antara lain, Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, J kristiadi (Peneliti CSIS), Bambang DH (Mantan Walikota Surabaya), DR. Marlina Irwanti (Anggota DPR RI), DR. Agus Hari Hadi (Akademisi), Nevi Marlina (Pengusaha/aktifis), KH Ahmad Bagdja (Tokoh Agama), para tokoh ikut menyatakan keprihatinannyOrmas Kecam Intimidasi & Pesekusi Di CFD Dengan #AksiNyataUntukIndonesia

“Sampai saat ini sudah lebih dari 200 komunitas, ormas dan perorangan yang memberikan dukungan, tentu saja ini hal yang baik bahwa intimidasi dan persekusi karena perbedaan pandangan dalam politik adalah keprihatinan bersama yang harus di lawan bersama sama”, pungkas Agus.(*)