HUKUM  

Nah Lho, Kepala Kejaksaan Negeri Kotabumi Sambangi SD Negeri 3 Aji Kagungan

Nusantarapos, – Guna menindaklanjuti program pemerintah pusat yang dicanangkan di seluruh wilayah Indonesia dan harus diterapkan secara intensif, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Lampung Utara (Lampura), jalankan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

Pantauan Nusantarapos.co.id, program JMS, kali ini. Rabu (19/6/2019), Kejari Lampura hadir di SD Negeri 3 Aji Kagungan Kecamatan Abung Kunang Kabupaten setempat.

Adapun kegiatan sosialisasi dilaksanakan di halaman sekolah, dengan dilakukanya rangakaian games serta pembagian Souvenir kepada para siswa yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh narasumber berupa peralatan tulis dan makanan ringan, kemudian pembagian Tas sekolah untuk seluruh siswa agar JMS melekat dibenak mereka.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lampura, Yuliana Sagala, SH, MH, Kasi Intelijen, Hafiedzh, SH, MH, Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan, Nurmalina, SH, MH, Kasubbag Pembinaan, Feryando, SH, MH dan beberapa Kasubsi serta staf Kejari lainnya.

Turut hadir mendampingi JMS, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampura, Toto Sumedi, S.sos, MM, dan Kasi Sarana dan Prasarana Pendidikan Dasar Disdikbud, Akwan Hadi, SH, beserta dua orang stafnya.

Kajari Lampura menjelaskan, program JMS ini digelar untuk menumbuh kembangkan kesadaran hukum bagi masyarakat secara umum dan pelajar secara khusus, karena sebagai generasi penerus memang seharusnya pelajar mendapat ilmu hukum sejak dini.

“Program ini sebenarnya bertujuan untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang, namun karena ini di tingkat sekolah dasar kami hanya memperkenalkan kejaksaan yang merupakan salah satu lembaga pemerintah,” terang Yuliana.

Menurut wanita berparas cantik menjabat Kajari di Bumi Ragam Tunas Lampung ini, di samping fungsi penegakan hukum, dalam kegiatan JMS hari ini, pihaknya juga melakukan rangakaian permainan (games) yang di ikuti seluruh murid penuh keakraban.

“Saya berharap dengan kehadiran kami disini, mereka dapat mengenal, mengetahui dan mengingat lembaga kejaksaan, melalui beberapa games yang tadi kita lakukan bersama. Ya minimal saya bisa memberikan sedikit kebahagiaan kepada mereka,” kata Yuliana.

Sementara itu, Plt Kadisdikbud Lampura, mengapresiasi Kejari Lampura yang telah mengadakan kegiatan JMS, dengan adanya progam JMS tentunya akan berdampak positif bagi para siswa di sekolah.

“Alhamdulilah, tadi mereka (siswa) sangat antusias atas hadirnya para Jaksa di sekolahnya, dalam hal ini para Jaksa juga menyuguhkan sosialisasi ini disesuaikan dengan usia mereka, sehingga mereka paham dan tidak bosan mengikutinya,” tutur Toto Sumedi.

Selain dilaksanakan di SD Negeri 3 Aji Kagungan Kecamatan Abung Kunang, Toto juga berharap kegiatan serupa dilakukan di tiap-tiap sekolah di wilayah Lampura, seperti SMP dan tingkat SMA sehingga diharapkan para siswa dapat mengerti tentang hukum, mengetahui bahaya pemakaian narkoba dan dapat terhindar dari pengaruh narkotika dan juga permasalahan hukum lainnya.

Ditempat yang sama, Plt Kepala SD Negeri Negeri 3 Aji Kagungan, Firmansyah, mengucapkan terimakasih kepada Kejari Kotabumi yang telah hadir di sekolahnya.

“Meski sekolah kami ada di pelosok dan terpencil dengan jumlah murid hanya 74 orang, terdiri 6 rombel, serta 3 ruang kelas saja, tapi alhamdulilah ibu dan bapak jaksa mau hadir di sekolah kami,” ucapnya.

Selain para murid dapat mengenal Jaksa dari dekat, Kepsek berharap dengan hadirnya Kepala Kejaksaan bersama Kepala Dinas pendidikan nantinya membawa perubahan di sekolahnya.

“Mudah-mudahan kehadiran ibu Jaksa bersama pak kadis dapat membawa perubahan di sekolah kami, mengingat di sekolah ini masih banyak kekurangan seperti, kurang ruang kelas, belum ada WC, sumur dan listrik,” harapnya. (RH)