Edhy Prabowo Transaksi Online untuk Korupsi

oleh -

Jakarta, Nusantarapos – Tersangka Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dikabarkan memanfaatkan akses kunjungan online tahanan untuk berkomunikasi dengan pihak selain keluarga. Siapa orang yang diajak berkomunikasi dengan Edhy Prabowo?
KPK sendiri sudah membenarkan hal itu. Padahal seyogyanya fasilitas kunjungan online itu dimanfaatkan untuk keluarga inti.

“Pihak yang turut hadir dalam kunjungan online dimaksud ternyata tidak tercatat dan terdaftar sebagai bagian dari pihak keluarga para tersangka,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (24/2/2021).

Berdasarkan informasi yang diterima Ali, Edhy Prabowo tercatat menyalahgunakan fasilitas kunjungan online untuk keluarga pada Senin, 1 Februari 2021. Sayangnya, Ali tak menyebut siapa yang dihubungi Edhy saat itu.

“informasi yang kami terima, Senin (1/2/2021), Rutan KPK telah memfasilitasi kunjungan online tahanan bagi keluarga tersangka EP (Edhy Prabowo dan tersangka Andreau Misanta Pribadi),” ucapnya.

Pihak Rutan KPK pun melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mencari tahu siapa orang yang dihubungi Edhy Prabowo dan tersangka Andreau Pribadi Misanta dalam kunjungan online. Akibat kejadian itu, KPK akan memperketat kunjungan online untuk Edhy dan Andreau

“Atas kejadian tersebut, pihak Rutan KPK tentu akan lebih selektif dan aktif memantau pelaksanaan kunjungan online bagi para tahanan di Rutan KPK,” pungkasnya.

Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap ekspor benih saat masih menjabat Menteri KP. Edhy diduga menerima uang suap senilai Rp 3,4 miliar dan USD 100 ribu. (DNL)