Deklarasi Lintas Lembaga: “Hepatitis Ditangani Pacitan Menuju Zero Hepatitis”

oleh -

Nusantarapos,- Sabtu 10 Agustus 2019 pukul 09.50 s.d 11.32 WIB, di Aula Hotel Kampung Pacitan Jl. WR. Supratman Kel. Sidoharjo Kec/Kab. Pacitan dilaksanakan Deklarasi Antar Lembaga “Hepatitis Ditangani, Pacitan Menuju Zero Hepatitis* yang diselenggarakan oleh Komunitas Mahasiswa Pacitan di Surakarta (Kompas) dihadiri sekitar 60 orang sebagai penanggung jawab kegiatan Sdr. Danur Suprapto,S.H (Ketua Panitia Penyelenggara).

Hadir dalam kegiatan Didik Alih Wibowo (Kepala Pelaksana BPBD Pacitan), dr. Agus Subiyanto (Ketua IDI Pacitan) dr. Johan (Kepala Puskesmas Gondosari), Wawan Kasyanto, DCN (Kabid Pencegahan dan Pengendalian penyakit). Praktisi Hukum, Pewarta, Relawan, Paguyuban Anak Rantau Pacitan (Arpac), Paguyuban duta wisata, Kp3 Jogja, KNPI, Pemuda pancasila, Greenwave
, Pramuka, HMI, KWRI, KAPPAMA
Dan lain-lain
Dengan rangkaian

Giat dimulai sambutan dari Danur Suprapto,S.H (Ketua Panitia Penyelenggara) berharap pertemuan ini disampaikan ke organisasi masing-masing yang ada diluar Pacitan maupun ke masyarakat luas bahwa Pacitan sudah aman untuk dikunjungi.

Dilanjutkan Sopian Hadi (Pasiefn yang telah sembuh dari Hepatitis A) menyampaikan” wilayah Sudimoro paling banyak terdampak virus Hepatitis A, sampai saat ini wilayah Sudimoro sudah aman tidak ada lagi pasien yang di rawat di Puskesmas.
Selain pengobatan medis bisa juga dengan obat herbal yaitu dengan temu lawak, tanaman ini efektif untuk mengobati virus Hepatitis A, kami yakin untuk Pacitan aman di kunjungi”.

Di Tempat yang sama Yuniardi Sutondo (Perwakilan Pewarta Pacitan) menyampaikan juga pada sambutanya,” Media adalah sebuah elemen yang bisa menyediakan informasi kepada publik untuk mengetahui apapun yang terjadi dilingkungan maupun di wilayah lain. Kami tentunya menyediakan pemberitaan yang mungkin dibilang profokatif yang tujuannya agar yang membaca suatu berita tergerak untuk melaksanakan perubahan dengan melibatkan unsur-unsur yang ada didalamnya. Untuk itu kami minta perwakilan media yang hadir disini maupun organisasi yang ada di Pacitan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luar Pacitan bahwa Pacitan aman untuk dikunjungi.
Kami berusaha membangun trans informasi kepada masyarakat Pacitan dengan apa adanya dan tidak mengada-ada sesuai dengan kode etik wartawan,” jelasnya.

Didik Alih Wibowo (Kepala Pelaksana BPBD Pacitan) yang diberi kesempatan menyambut
mengatakan,” Kami mengapresiasi kegiatan ini karena semua bisa tau banyak tentang virus Hepatitis A, sehingga kita bisa sama-sama mencegah penularan virus Hepatitis A. Dampak virus Hepatitis A sangat besar di luar Pacitan sehingga bisa berdampak pada masyarakat Pacitan terutama dampak sosial, banyak orang yang enggan ke Pacitan karena takut tertular untuk itu kami minta semua yang hadir untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luar bahwa “Pacitan aman untuk dikunjungi dan Pacitan bebas dari virus Hepatitis A”
Mari kita lawan dan serentak untuk menyampaikan ke masyarakat luar bahwa Pacitan sudah aman dikunjungi, ayo berkunjung ke Pacitan, mari kita cintai Pacitan dengan segala apa yang kita punya,” terangnya. 10/8/19 ( AW)

Comment