Jakarta Eye Center Kedoya Menggelar Seminar Kesehatan Mata pada Pasien Diabetes

oleh -

Jakarta, Nusantarapos – Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang dampak diabetes terhadap fungsi penglihatan, RS Jakarta Eye Center (JEC) Kedoya, Jakarta Barat hari ini menggelar seminar bertajuk ‘Fine Diabetes’, Sabtu (23/11/2019).

Seminar ini diawali dengan pemeriksaan gula darah gratis serta senam diabetes. Kemudian, para peserta mendengarkan sharing session dari dua dokter JEC yaitu Dr. Martin Hertanto dan Dr. Laurentius Aswin mengenai pencegahan dan penanganan diabetes.

Para peserta senam diabetes di RS Jakarta Eye Center Kedoya/foto : Arie

“Kami berharap seminar ini dapat membantu masyarakat melakukan tindakan preventif sejak dini terhadap dampak diabetes, terutama pada fungsi penglihatan seperti retinopati diabetik,” ujar Dr. Martin Hertanto SpM sebagai pembicara dan dokter mata Subspesialis Retina.

Retinopati diabetik adalah kerusakan pada retina mata. Apabila terlambat diatasi dapat menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan secara permanen atau kebutaan.

Maka dari itu, pasien yang sudah terkena diabetes harus segera memeriksakan kondisi matanya sedini mungkin.

“Pasien dengan diabetes Tipe 1 pengecekan matanya bisa lima tahun kemudian. Beda sama diabetes Tipe 2, kalau ketahuannya sekarang dia prosesnya sudah lima tahun lalu, jadi harus segera periksa mata. Jadi kejadiannya bisa lebih cepat kalau diabetes Tipe 2, ” terang Dr. Laurentius Aswin yang diwawancarai Nusantarapos.co.id.

Dan untuk memaksimalkan layanan kepada pasien, JEC menghadirkan JEC Sentra Retina sebagai pusat perawatan spesialisasi retina pertama di Indonesia.

Selain itu, juga dibuka layanan JEC Diabetes Education & Care bagi pasien dengan keluhan mata serta menderita diabetes. (RIE)