Kota Bandung Berhasil Tekan Penyebaran Covid-19

BANDUNG,NUSANTARAPOS,- Pemerintah Kota Bandung terus berupaya melaksanakan pencegahan penyebaran Covid-19 yang saat ini dinilai secara lambat laun sudah mulai berkurang. Hal ini tentunya merupakan hasil kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan juga warga masyarakat kota Bandung dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Tracing terus dilakukan dan pembersihan (pasar) dengan disinfektan, pedagang menerapkan standar protokol kesehatan. Aktivitas ekonomi di sana sudah berjalan,” katanya.

Pemerintah Kota Bandung mengklaim penyebaran Covid-19 di kota kembang bisa terkendali. Hal ini merujuk pada kasus positif, orang dalam pengawasan (ODP), dan pasien dalam pengawasan (ODP) terus berkurang.

Selain itu, pelonggaran usaha di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proposional diklaim tak membuat penyebaran virus corona semakin meluas.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, jumlah positif aktif sebanyak 138 orang pada 13 Juni namun pada saat ini menurun menjadi 103 orang.Selain itu, ODP aktif dari 265 orang pada 13 Juni menjadi 253 orang dan PDP 158 orang pada 13 Juni menjadi 150 orang.

“Kita sudah konsultasi dengan dinas provinsi (Jabar) dan para ahli, Bandung tidak ragu mengklaim cukup berhasil, mampu mengendalikan (Covid-19). Datanya landai, kami sudah mampu mengendalikan,” ujarnya.Selain itu, pihaknya juga terus menerapkan standar protokol kesehatan di pasar-pasar tradisional pasca terdapat pedagang positif covid-19.

Ema menambahkan, pihaknya terus meningkatkan pengawasan di kewilayahan. Menurutnya, terdapat warga yang masih berkumpul di taman tanpa menjaga jarak. Dia mengatakan, pihaknya terus mendorong agar masyarakat menerapkan standar protokol kesehatan dengan baik.

Terkait dengan tempat usaha dan ruang publik lainnya seperti tempat hiburan, kebun binatang, kolam renang, dan Car Free Day, Ema mengaku masih menggodok kebijakan tersebut. Menurutnya, seluruh hasil evaluasi akan dilaporkan kepada Wali Kota Bandung.(TFK)