Emosi dan Stres Dapat Pengaruhi Kekebalan Tubuh

oleh -

JAKARTA, NUSANTARAPOS, -Pada saat pandemi covid-19 ini banyak sekali yang memiliki berbagai macam masalah seperti masalah pada finansial, masalah pada keluarga, pendidikan bahkan pekerjaan, tidak sedikit dari mereka yang mengalami stress, tekanan pada pikiran dan ketidakstabilan pada emosi. Gangguan tersebut merupakan hal yang wajar karena sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari.

Namun kesehatan pada tubuh selama pandemi ini juga harus diperhatikan, agar tubuh tetap terjaga kesehatannya dan tetap fit, kesehatan dan kestabilan pada emosi juga berpengaruh kepada kesehatan seseorang. Ketika seseorang mengalami stress, dan banyak pikiran atau emosi yang berubah-ubah maka tingkat imunitas seseorang akan menurun sehingga membuat seseorang menjadi mudah terserang penyakit bahkan sampai terpapar virus covid-19.

Dikutip dari  www.newscientist.com, aktivitas otak yang menghubungkan emosi negatif dengan respon imun yang lebih rendah terhadap penyakit telah terungkap untuk pertama kalinya, klaim para peneliti. Banyak penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa emosi dan stres dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Mengelola emosi pada diri sendiri sangat berpengaruh kepada lingkungan dan orang-orang yang berada di sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan agar kesehatan tubuh dan kestabilan emosi tetap terjaga

Istirahat yang cukup

Aktivitas sehari-hari telah membuat tubuh menjadi lelah, banyak pikiran dan menguras emosi, istirahat mungkin menjadi pilihan terbaik untuk beberapa orang, karena dengan beristirahat pikiran kita dapat menjadi lebih tenang dan tubuh kita menjadi lebih rilleks.

Berolahraga ringan

Olahraga ringan juga membantu membuat pikiran menjadi tenang dan emosi menjadi lebih stabil, karena dengan berolahraga akan membantu menyeimbangkan sistem saraf pada tubuh, selain meningkatkan daya tahan tubuh kita, olahraga juga membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Berkomunikasi dengan orang lain

Ketika memiliki masalah cobalah bercerita kepada orang yang dipercaya melalui pesan atau telepon, hal ini mampu membuat kamu merasa lebih nyaman dan lebih tenang, karena ada interaksi, dan saran yang diberikan oleh orang tersebut. (catherine olivia)